Cara Berdagang Online Untuk Beginner dan Expert

cara berdagang online

Cara berdagang online – Bisnis online atau Berdagang online memang mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Konsumen […]

Cara berdagang online – Bisnis online atau Berdagang online memang mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Konsumen juga dapat dengan mudah mencari berbagai produk dari ujung kepala hingga ujung kaki secara online.

Namun, meskipun peluang bisnis online terbuka untuk siapa saja, tidak semua orang berhasil meraih kesuksesan yang diharapkan. Ada yang gagal, ada yang berhasil. Meraih kesuksesan juga tidaklah mudah.

Berdagang online memerlukan strategi yang tepat. Mungkin sebelumnya kita berpikir bahwa berdagang online akan memberikan keuntungan besar secara instan. Tentu saja, jika kita tahu bagaimana merancang strategi jualan online untuk bisnis kita.

Namun, berdagang online juga memerlukan strategi yang jitu. Kita harus menghadapi persaingan yang sangat ketat, sehingga perlu mencari cara agar bisnis kita dapat unggul di dunia online. Tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan disajikan berbagai strategi jualan online untuk bisnis kita.

Strategi Cara Berdagang Online

Berikut strategi cara berdagang online untuk beginner dan expert:

Membuat Website

Dengan memiliki situs web resmi, kamu bisa bertransaksi langsung dengan pelanggan. Selain itu, situs web juga memberikan kredibilitas pada bisnismu dan terlihat lebih profesional. Pelanggan cenderung tidak percaya dengan produk atau layanan dari bisnis yang tidak ditemukan di internet. Maka dari itu, memiliki situs web toko resmi memberikan jaminan pada pelanggan untuk mempercayai produk yang kamu jual.

Namun, penting untuk menjaga agar tampilan situs webmu menarik. Jika situs web tidak diurus dengan baik, pelanggan akan meragukan bisnismu. Selain itu, situs web juga dapat membantumu menjangkau pasar yang lebih luas karena internet.

Baca juga: Ide Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Berserta Tipsnya

Riset Pasar

Langkah selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Riset pasar bertujuan untuk memahami atau mengecek kondisi pasar terkait produk atau layanan yang akan Anda tawarkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menawarkan contoh produk (dummy) kepada konsumen agar mereka bisa merasakan langsung dan memberikan pendapat mereka.

Menggunakan Media Sosial

Tidak bisa mengabaikan media sosial dalam pembahasan tentang jualan online. Seperti yang sudah Anda ketahui, media sosial memiliki jumlah pengguna yang sangat besar. Hal ini memberikan kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pelanggan.

Beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook bahkan memiliki fitur untuk menjual produk langsung kepada pelanggan. Ini bisa dilakukan melalui pesan langsung (direct message/dm) atau dengan menggunakan fitur khusus dari media sosial tersebut.

Instagram adalah salah satu media sosial yang layak dicoba. Selain populer, fitur-fiturnya sangat cocok bagi kamu yang ingin berjualan online.

Namun, penggunaan media sosial tidak hanya terbatas pada berjualan saja. Anda dapat mengembangkan bisnis dengan mengunggah konten-konten menarik seperti video atau gambar. Hal ini bisa membantu memperkenalkan bisnis atau produk dengan lebih cepat, yang sering disebut sebagai brand awareness.

Menentukan Target Pasar

Langkah berikutnya dalam cara berdagang online adalah menetapkan target pasar untuk produk yang akan Anda tawarkan. Ada dua faktor penting yang perlu dipahami untuk merumuskan target pasar, yaitu demografi dan psikografi.

Demografi mencakup faktor-faktor seperti usia, lokasi, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan pekerjaan dari calon konsumen. Sedangkan psikografi berhubungan dengan hobi, minat, serta nilai-nilai yang dimiliki oleh target pasar yang ingin kamu bidik.

Baca juga: 9 Usaha Online Modal Kecil Wajib Anda Coba

Analisis Kompetitor

Untuk memulai cara berdagang online, penting bagi Anda untuk melakukan analisis kompetitor. Dengan mengetahui dan mengelompokkan kompetitor menjadi tiga kategori, yaitu kompetitor utama, kompetitor sekunder, dan kompetitor tersier, akan membantu Anda untuk fokus dalam menjual. Dengan demikian, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memenangkan persaingan bisnis online.

Membuat Toko Mudah di Temukan

Untuk memudahkan toko online ditemukan di mesin pencari Google, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut, seperti yang disarankan oleh Google Business:

Daftarkan Website Toko ke GSC

Dengan menggunakan GSC, dapat mengoptimalkan website toko online Anda agar mudah muncul pada hasil pencarian Google. Selain itu, dapat memantau berapa banyak orang yang mengunjungi dan mengklik website, serta menganalisis perangkat apa yang mereka gunakan ketika mengakses website atau toko online Anda.

Gunakan Google My Business

Dengan menggunakan Google My Business, pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang toko online Anda, seperti alamat lengkap dan produk yang dijual. Selain itu, Anda juga dapat menganalisis pelanggan dan berkomunikasi secara langsung melalui fitur rating dan komentar.

Terapkan Digital Marketing

Anda juga dapat menggunakan Google Trends untuk mengoptimalkan proses pencarian produk di internet. Dengan menggunakan Google Trends, Anda dapat mengetahui tren yang sedang terjadi sehingga Anda dapat menggunakan berbagai kata kunci dan menghubungkannya dengan produk yang dijual.

Selain itu, dapat memanfaatkan blog yang ada di website toko online untuk menarik perhatian pelanggan dengan konten artikel dan promosi produk.

Ketahui Unique Selling Point

Setelah melakukan analisis, tahap selanjutnya dalam cara berjualan online untuk pemula adalah mencari Unique Selling Points (USP) atau nilai jual unik dari produk yang ditawarkan. USP ini bisa bervariasi, seperti harga yang lebih murah, kualitas produk yang lebih baik, atau menjadi pelopor dalam satu jenis produk.

Baca juga: 9 Peluang Bisnis di 2023 Yang Bisa Anda Raih

Hindari Konflik

Konflik pelanggan merujuk pada segala sesuatu yang menghasilkan ketidakpastian, memperlambat, atau mengganggu pengalaman pelanggan Anda. Setiap gesekan yang pelanggan alami dapat membuat mereka merasa frustrasi, stres, marah, dan merusak pengalaman mereka.

Situasinya sebenarnya sangat subjektif dan tergantung pada keadaan. Misalnya, ketika stok barang habis atau pelanggan merasa terlambat dalam membalas pertanyaan. Untuk mengatasi situasi ini, cobalah untuk jujur dan tidak menyalahkan pelanggan. Anda dapat berkomunikasi dengan baik dan sabar. Yang terpenting adalah menghindari konflik dengan pelanggan dalam waktu yang lama.

Maksimalkan Promo

Promosi merupakan salah satu cara jualan online untuk pemula yang efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan. Kebanyakan orang sangat tertarik membeli produk yang sedang mengadakan promosi, terlebih lagi jika produk tersebut telah diincar sejak lama.

Namun, sebelum menyebarkan promo, kamu perlu cermat dalam merancang strategi agar pelanggan tidak hanya membeli saat promo saja. Oleh karena itu, penting untuk membuat strategi promosi yang menarik dan efektif sebelum memulai kampanye promosi.

Baca juga: Periklanan: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tujuan

Terapkan Word of Mouth

Ternyata, memasarkan produk melalui obrolan dengan orang terdekat cukup efektif. Cara ini dikenal dengan istilah word of mouth. Sederhananya, word of mouth adalah strategi pemasaran dengan menciptakan kondisi di mana produk atau merekmu dibicarakan oleh banyak orang.

Selain dapat meningkatkan penjualan, menggunakan cara ini juga dapat meningkatkan popularitas merekmu, meningkatkan kepercayaan konsumen, dan menghemat biaya. Jika kamu baru memulai menjual produk, kamu bisa mempromosikannya kepada orang-orang terdekat seperti teman, rekan kerja, dan keluarga. Namun, hal ini harus didukung dengan produk yang berkualitas.

Setelah produk yang kamu promosikan diterima oleh orang-orang terdekat, kamu bisa mengembangkan strategi ini dengan menggunakan jasa selebgram. Namun, pemilihan selebgram atau influencer harus disesuaikan dengan budgetmu.

Baca juga: Bisnis Yang Menjanjikan Berpotensi Tumbuh di 2023

Membuat Foto dan Diskripsi Produk Menarik

Foto produk memiliki peran penting dalam mendukung bisnis online kamu. Selain untuk website toko online, media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook juga memerlukan foto produk yang menarik untuk menarik minat pengunjung dan meningkatkan peluang penjualan.

Memanfaatkan Market Place

Marketplace adalah salah satu platform pemasaran yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu metode jualan online bagi pemula. Marketplace berperan sebagai perantara transaksi antara penjual dan pembeli secara langsung. Selain itu, terdapat jaminan keamanan dalam bertransaksi dan melakukan pembayaran pada platform marketplace tersebut.

Kesimpulan

Berdagang online kini semakin populer dan memberikan banyak kesempatan bagi para pemula maupun yang sudah berpengalaman di bidang ini. Dalam menjalankan bisnis online, baik pemula maupun expert sebaiknya selalu memperbarui diri dan mengikuti perkembangan teknologi dan pasar yang ada.

Referensi

  1. https://kemenag.go.id
  2. https://www.kemenkeu.go.id
  3. https://bpsdm.jambiprov.go.id
Please follow and like us:
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial