Buka Rekening BRI Online
Marketing

Buka Rekening BRI Online BRImo dan Website, Syarat dan Cara

Buka Rekening BRI Online – Memiliki rekening bank adalah salah satu kebutuhan mendasar di era modern. Bank Rakyat Indonesia (BRI), sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, menawarkan berbagai kemudahan bagi masyarakat untuk membuka rekening, termasuk melalui layanan online. Dengan membuka rekening BRI secara online, kamu dapat menghemat waktu dan tenaga tanpa perlu mengunjungi kantor cabang. Bams akan membahas langkah-langkah dan persyaratan yang diperlukan untuk membuka rekening BRI secara online dengan detail.

Syarat Buka Rekening BRI Online

Sebelum memulai proses pembukaan rekening, pastikan kamu memenuhi beberapa persyaratan buka rekening BRI online berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), namun tidak wajib.
  • Nomor Handphone aktif untuk verifikasi melalui SMS.
  • Alamat Email aktif.
  • Aplikasi BRImo.

Cara Buka Rekening BRI Online

Ada 2 cara untuk membuka rekening BRI secara online, melalui aplikasi BRImo dan Website.

Buka Rekening BRI Online Melalui BRImo

Berikut adalah panduan lengkap untuk membuka rekening BRI secara online melalui aplikasi BRImo:

1. Unduh dan Install Aplikasi BRImo

Langkah pertama dengan mengunduh aplikasi BRImo dari Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Setelah selesai diunduh, install aplikasi tersebut di ponsel Anda.

2. Buka Aplikasi dan Pilih Menu Pendaftaran

Buka aplikasi BRImo, lalu pilih menu “Belum Punya Akun BRImo” bila kamu belum pernah mendaftar sebelumnya. Kemudian, pilih opsi “Belum Punya Rekening BRI” untuk melanjutkan proses pembukaan rekening baru.

3. Pilih Produk Tabungan

BRI menawarkan beberapa jenis produk tabungan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, antara lain:

  • BRI BritAma: Tabungan dengan fasilitas lengkap dan bunga menarik.
  • BRI BritAma X: Cocok untuk kalangan muda dengan setoran awal yang terjangkau.
  • BRI BritAma Bisnis: Diperuntukkan bagi pebisnis dengan fasilitas lebih lengkap.
  • BRI Simpedes: Tabungan dengan setoran awal yang rendah dan jaringan yang luas.
  • BRI Simpedes BISA: Varian lain dari Simpedes dengan keuntungan tambahan.
  • BRI BritAma Pro: Tabungan dengan fitur lebih eksklusif.

4. Pilih Kantor Cabang

Setelah memilih produk tabungan, kamu akan diminta untuk memilih kantor cabang BRI terdekat yang akan mengelola rekening. Pilihan ini penting jika kamu perlu mengunjungi cabang untuk keperluan tertentu di masa depan.

5. Unggah Dokumen Identitas

Langkah selanjutnya dengan mengunggah foto KTP, swafoto memegang KTP, dan NPWP (jika ada). Pastikan foto yang diunggah jelas dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

6. Isi Data Pribadi

Masukkan data pribadi kamu sesuai dengan yang tertera di KTP. Data yang dimasukkan harus akurat dan sesuai dengan dokumen yang diunggah sebelumnya. Informasi yang diperlukan antara lain nama lengkap, alamat, tanggal lahir, dan lain-lain.

7. Verifikasi Melalui Video Call

Setelah mengisi data pribadi, kamu akan dihubungi oleh operator BRI melalui video call untuk verifikasi identitas. Pastikan kamu siap untuk menjawab pertanyaan dan memverifikasi data diri dengan baik.

8. Transfer Setoran Awal

Setelah verifikasi selesai, lakukan transfer setoran awal sesuai dengan jenis tabungan yang dipilih. Pastikan jumlah yang ditransfer sesuai dengan ketentuan setoran awal untuk jenis tabungan tersebut.

9. Aktivasi Akun BRImo

Setelah setoran awal diterima, akun akan aktif dan siap digunakan. Kamu dapat login ke aplikasi BRImo menggunakan username dan password yang telah dibuat.

Buka Rekening BRI Online Melalui Website

Selain melalui aplikasi BRImo, kamu juga dapat membuka rekening BRI melalui website resmi BRI. Berikut langkahnya:

1. Akses Situs Web Resmi BRI

Buka browser di perangkat ponsel atau laptopa, lalu akses situs web resmi BRI di bukarekening.bri.co.id/digital-saving.

2. Pilih Menu “Buka Rekening”

Setelah masuk ke situs web, cari dan pilih menu “Buka Rekening”. Di sana, kamu akan menemukan informasi mengenai empat langkah mudah untuk membuka rekening BRI secara online.

3. Pilih Jenis Tabungan

Klik tombol “Buka Rekening” untuk memulai proses pembukaan rekening. Pilih salah satu jenis tabungan BRI yang sesuai dengan kebutuhan. Bila membutuhkan informasi lebih lanjut, klik “Informasi Produk” pada setiap jenis tabungan.

4. Pilih Rekening dan Cabang BRI

Setelah memilih jenis tabungan, klik opsi “Pilih Rekening”. Selanjutnya, cari dan pilih lokasi kantor cabang BRI terdekat yang akan menjadi kantor tempat kamu mengurus rekening.

5. Unggah Dokumen Identitas

Selanjutnya, unggah foto KTP, swafoto memegang KTP, dan NPWP (jika ada). Pastikan dokumen-dokumen yang diunggah jelas dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

6. Isi Identitas Diri

Masukkan informasi identitas diri sesuai dengan data yang tertera pada KTP. Pastikan informasi yang dimasukkan akurat dan sesuai dengan dokumen yang diunggah sebelumnya.

7. Verifikasi Melalui Video Call

Setelah semua informasi terisi, operator BRI akan menghubungi kamu melalui video call untuk melakukan verifikasi identitas. Pastikan siap untuk menjawab pertanyaan dan memverifikasi data diri dengan baik.

8. Transfer Setoran Awal

Terakhir, lakukan transfer setoran awal sesuai dengan jenis rekening BRI yang dipilih. Pastikan jumlah yang ditransfer sesuai dengan ketentuan setoran awal yang berlaku untuk jenis tabungan yang di pilih.

Mengelola Rekening BRI dengan BRImo

Setelah berhasil membuka rekening BRI, kamu dapat memanfaatkan aplikasi BRImo untuk mengelola rekening dengan mudah. Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh BRImo:

1. Transfer Antar Bank

Dengan BRImo, kamu dapat melakukan transfer ke sesama bank BRI maupun ke bank lain dengan mudah. Fitur ini juga mendukung transfer menggunakan BI-FAST untuk proses yang lebih cepat.

2. Pembayaran Tagihan

BRImo memudahkan untuk membayar berbagai tagihan, seperti listrik, air, telepon, internet, dan lain-lain. Semua pembayaran dapat dilakukan langsung dari ponsel.

3. Top-Up E-Wallet

Kamu juga dapat melakukan top-up e-wallet seperti OVO, GoPay, dan Dana melalui BRImo. Proses top-up ini sangat cepat dan praktis.

4. Tarik Tunai Tanpa Kartu

Salah satu fitur menarik dari BRImo adalah tarik tunai tanpa kartu. Kamu bisa menarik uang di ATM BRI tanpa perlu membawa kartu ATM, cukup dengan menggunakan aplikasi BRImo.

5. Informasi Mutasi Rekening

Melalui BRImo, Anda dapat melihat mutasi rekening hingga lima tahun terakhir. Fitur ini sangat berguna untuk melacak transaksi dan mengelola keuangan kamu.

6. Virtual Account (VA)

Untuk pemilik usaha, BRImo menyediakan fitur pembuatan virtual account (VA) dengan nama alias. Fitur ini memudahkan dalam menerima pembayaran dari pelanggan.

7. Pengajuan Pinjaman Digital

Seandainya membutuhkan pinjaman, BRImo juga menyediakan layanan pengajuan pinjaman secara digital. Proses pengajuan ini cepat dan mudah dilakukan melalui aplikasi.

8. Transaksi Internasional

BRImo memungkinkan kamu melakukan transaksi internasional ke lebih dari 100 negara tujuan dan konversi valas. Fitur ini sangat bermanfaat bagi yang sering melakukan transaksi internasional.

9. Keamanan Ekstra

BRImo dilengkapi dengan fitur keamanan ekstra, seperti login menggunakan password, sidik jari, atau pengenalan wajah. Dengan fitur ini, kamu dapat merasa aman saat mengakses akun.

Membuka rekening BRI secara online adalah solusi yang praktis dan efisien di era digital ini. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat dengan mudah membuka rekening BRI tanpa perlu mengunjungi kantor cabang. Setelah memiliki rekening, dapat memanfaatkan berbagai fitur unggulan dari aplikasi BRImo untuk mengelola keuangan dengan lebih baik.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.