Manfaat Daun Murbei
Gaya Hidup

6 Manfaat Daun Murbei untuk Kesehatan

Manfaat Daun Murbei – Morbei, atau Morus, merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga Moraceae. Berbagai spesiesnya, seperti murbei hitam, merah, dan putih, berasal dari Cina dan telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Daun murbei tak hanya menawan dengan penampilannya, tapi juga dengan kekayaan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari antioksidan polifenol hingga vitamin C, seng, kalsium, besi, kalium, fosfor, dan magnesium, daun murbei seperti ladang nutrisi yang siap memberikan manfaat terbaiknya.

Manfaat Daun Murbei untuk Kesehatan

Manfaat Daun Murbei
Sumber Gambar: Freepik

Berikut ragam manfaat daun murbei untuk kesehatan tubuh kita yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Menjaga Kesehatan Otak

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa daun murbei dapat membantu menjaga kesehatan otak melalui senyawa seperti kaempferol dan oxyresveratrol yang dapat melindungi saraf dan memberikan efek kuratif pada stroke.

Kita semua tahu bahwa protein beta-amiloid merupakan akar dari penyakit Alzheimer. Penggunaan daun murbei telah terbukti membantu meredakan perkembangan kondisi ini. Semua berkat senyawa seperti kaempferol-3-O-glukosida dan kaempferol-3-O-(6-malonil) glukosida, untuk membatasi pembentukan protein berbahaya ini di otak.

Ekstrak metanol dari daun murbei juga memberikan kontribusi dengan memiliki efek anti-dopaminergik, daun ini dapat membantu menjauhkan beberapa gangguan psikologis yang berkaitan dengan fungsi dopamin dalam otak. Oxyresveratrol, yang juga hadir dalam ekstrak daun murbei, tidak hanya berperan sebagai penghambat tirosinase untuk kulit, tetapi juga berfungsi sebagai komponen pelindung saraf, memberikan efek kuratif pada kasus stroke.

2. Mengandung Anti-peradangan

Manfaat daun murbei tidak berhenti di situ, kandungan antioksidan flavonoid dalam daun murbei mampu memerangi peradangan dan stres oksidatif. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun murbei dapat mengurangi protein inflamasi, membantu menjaga keseimbangan tubuh dalam melawan penyakit kronis.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Mengutip hasil penelitian ilmiah, daun murbei menyajikan senyawa khusus seperti 1-deoxynojirimycin (DNJ) yang mampu menyeimbangkan kadar gula darah. Sebuah penelitian lainnya bahkan menunjukkan penurunan yang signifikan pada kadar gula darah dan insulin pada partisipan yang mengonsumsi ekstrak daun murbei.

4. Menjaga Kesehatan kulit

Manfaat ekstrak daun murbei bukan hanya untuk tubuh bagian dalam. Dalam produk perawatan kulit alami, daun murbei digunakan untuk mencerahkan kulit dan mengatasi masalah seperti jerawat. Bukan hanya dari luar, konsumsi daun murbei juga dapat memberikan dukungan untuk kesehatan kulit dari dalam.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dalam berbagai penelitian, ekstrak daun murbei menunjukkan kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan jantung. Kolesterol dan tekanan darah dapat dikendalikan, sedangkan risiko aterosklerosis, penumpukan plak di arteri, dapat ditekan. Kolesterol LDL (jahat) turun, sementara kolesterol HDL (baik) meningkat, memberikan perisai tambahan bagi organ vital ini.

6. Mendinginkan Paru-Paru

Sesuai dengan laporan beberapa studi, daun murbei tidak hanya mengagumkan untuk sistem kardiovaskular kita, tetapi juga memberikan efek mendinginkan pada paru-paru dan membantu menghilangkan panas hati.

Cara Penggunaan dan Dosis yang Tepat

Ada beberapa cara yang bisa diambil, mulai dari mengonsumsinya langsung sebagai sayuran, membuat teh dari daun kering, menggunakan ekstrak dalam bentuk kapsul atau tablet, hingga aplikasi langsung pada kulit. Penting untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau herbalis untuk menentukan dosis yang tepat, terutama jika sedang dalam pengobatan tertentu atau memiliki kondisi kesehatan khusus.

Efek Samping Daun Murbei

Secara umum, mengonsumsi daun murbei dianggap aman. Walaupun demikian, ada kemungkinan terjadinya efek samping pada sebagian orang, termasuk:

  • Gangguan pencernaan seperti diare.
  • Rasa mual.
  • Sakit kepala.
  • Kembung.
  • Kesulitan buang air besar atau konstipasi.

Selain itu, individu yang menderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Hal ini karena daun murbei dapat memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Dikarenakan minimnya penelitian yang dilakukan dalam skala besar untuk membuktikan manfaat daun murbei, kelompok individu yang rentan terhadap penyakit, seperti anak-anak dan ibu hamil, sebaiknya tidak mengonsumsinya sebelum mendapatkan saran medis yang tepat.

Demikianlah informasi tentang manfaat daun murbei untuk kesehatan, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita bersama.

Referensi

  1. Healthline. What is Mulberry Leaf? All You Need to Know. Diakses pada Desember 2023.
  2. Thaipitakwong, T., Numhom, S., & Aramwit, P. (2018). Mulberry leaves and their potential effects against cardiometabolic risks: a review of chemical compositions, biological properties and clinical efficacy. Pharmaceutical biology56(1), 109–118. https://doi.org/10.1080/13880209.2018.1424210
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.