Manfaat Daun Kenikir
Gaya Hidup

12 Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kenikir – Daun kenikir, si pemilik nama latin Cosmos caudatus, mungkin bukan bintang populer dalam dunia tanaman, namun keberadaannya ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Berasal dari Amerika, tanaman ini telah menyebar hingga ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia, membawa dengan itu rahasia kesehatan tersembunyi yang telah ditemukan dan diakui oleh para peneliti.

Sejatinya, daya tarik daun kenikir tidak terlepas dari kekayaan nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B, vitamin C, dan beragam mineral seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, dan natrium.

Selain kandungan dasar tersebut, daun kenikir juga mengandung senyawa aktif seperti quercetin, asam fenolat, flavonoid, dan asam klorogenat. Semua senyawa ini, yang terdengar seperti ramuan ajaib, memiliki sifat antioksidan dan anti-radang yang membuatnya menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kenikir
Sumber Gambar: Tokopedia

Berdasarkan kandungan nutrisi dan sumber ilmiah, berikut ini 12 manfaat daun kenikir untuk kesehatan yang disadur dari situs bamstips.pro dan sumber ilmiah lainnya..

1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Penelitian ilmiah memberikan harapan baru dengan menunjukkan bahwa daun kenikir dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Meskipun belum sepenuhnya diakui sebagai pengobatan kanker, potensi antioksidannya tinggi memberikan dorongan tambahan dalam perang melawan penyakit mematikan ini.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Rahasia jantung sehat dapat terletak pada segenggam daun kenikir, kandungan antioksidan dan anti-radangnya memberikan perlindungan terhadap sel-sel jantung, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang mengintai.

3. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Daun kenikir membuktikan dirinya sebagai sekutu terpercaya melawan diabetes tipe 2. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan uniknya dapat memperbaiki kinerja insulin, membantu mengatur kadar gula darah, dan memberikan perlindungan terhadap tantangan gula berlebih di dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun kenikir tidak hanya menyegarkan dari dalam, bisa juga meremajakan kulit dari luar. Beberapa studi menunjukan bahwa kandungan kalsium, flavonoid, saponin, dan lainnya memberikan nutrisi esensial untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Jangan anggap remeh efek diuretik alami dalam daun kenikir. Ini bukan hanya selembar hijau biasa; ini adalah pembersih jalan untuk tekanan darah tinggi. Tanaman ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tanpa menimbulkan risiko efek samping yang mengganggu.

6. Menyehatkan Mata

Jaga kesehatan mata dengan merawatnya dari dalam, daun kenikir mengandung nutrisi penting seperti vitamin A yang mendukung kesehatan mata dan meningkatkan daya penglihatan.

7. Mencegah Osteoporosis

Daun kenikir bukan hanya soal penampilan, kandungan antioksidan dan kalsiumnya yang tinggi menjadikannya sekutu hebat dalam melawan osteoporosis. Untuk tulang yang kuat dan kokoh, tambahkan daun kenikir ke dalam menu keseharian Anda.

8. Melancarkan Pencernaan

Mengatasi masalah pencernaan bisa semudah menambahkan daun kenikir dalam menu makanan. Hasil studi membuktikan, kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan, membuat proses buang air besar menjadi lebih nyaman.

9. Menambah Nafsu Makan

Kuersetin, senyawa yang ditemukan dalam daun kenikir, dapat berperan sebagai penambah nafsu makan, terutama pada anak-anak. Untuk yang sedang pulih dari sakit atau anak-anak yang susah makan, daun kenikir bisa menjadi sahabat yang lezat dan sehat.

10. Anti Penuaan

Mengurangi efek penuaan bisa menjadi lebih nikmat dengan daun kenikir. Penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa kandungan vitamin A dan sifat antioksidannya membantu menjaga kulit tetap segar dan bercahaya, memberikan sentuhan keajaiban pada rutinitas perawatan kulit Anda.

11. Detoksifikasi Alami

Daun kenikir bukan hanya sekadar tambahan di dalam salad, kekuatan detoksifikasi alaminya membantu membersihkan darah dari racun, memberikan kesegaran baru pada tubuh.

12. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengalami masalah tidur? Daun kenikir dapat memberikan bantuan. Efek relaksan alaminya dapat membantu merilekskan tubuh dan pikiran, menciptakan suasana yang lebih nyaman untuk tidur yang berkualitas.

Baca juga: 12 Manfaat Pare untuk Kesehatan

Cara Menikmati Keajaiban Daun Kenikir

Mengonsumsi daun kenikir tidak harus membosankan. Coba variasi berikut untuk menikmati semua manfaatnya:

  • Nikmati kesegaran daun kenikir sebagai lalapan. Padukan dengan sambal kecap atau bumbu favorit Anda.
  • Rilekskan diri dengan secangkir teh herbal daun kenikir. Rebus sejumput daun dengan air panas, tambahkan madu jika suka, dan nikmati.
  • Jika kesibukan membuat sulit untuk menyiapkan daun kenikir secara langsung, pertimbangkan untuk mengonsumsinya dalam bentuk suplemen herbal.

Berikut merupakan panduan sederhana untuk memasak daun kenikir:

  • Sebelum mulai memasak, pastikan untuk membersihkan daun kenikir dengan air mengalir. Ini membantu menghilangkan kotoran dan zat-zat tidak diinginkan lainnya.
  • Pemanasan air dengan sedikit garam akan membantu membunuh kuman dan memastikan kebersihan daun kenikir.
  • Setelah air panas, masukkan daun kenikir dan masak hingga matang. Dilakukan dalam waktu singkat, untuk mempertahankan nutrisi sebanyak mungkin.
  • Angkat daun kenikir dari air panas dan tiriskan.
  • Sekarang, daun kenikir siap untuk dinikmati.

Meskipun manfaat-daun-kenikir menjadi pembicaraan, perlu diingat bahwa beberapa manfaat tersebut masih memerlukan lebih banyak bukti klinis. Penelitian yang telah dilakukan sebagian besar berfokus pada hewan percobaan, sehingga perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan efek sampingnya pada manusia.

Referensi

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data Komposisi Pangan Indonesia. Daun Kenikir.
  2. You, et al. (2021). Effects of 12 Weeks Cosmos caudatus Supplement among Older Adults with Mild Cognitive Impairment: A Randomized, Double-Blind and Placebo-Controlled Trial. Nutrients, 13(2), 434.
  3. Torbati, F. A., Ramezani, M., Dehghan, R., Amiri, M. S., Moghadam, A. T., Shakour, N., … & Emami, S. A. (2021). Ethnobotany, phytochemistry and pharmacological features of Centella asiatica: a comprehensive review. Pharmacological Properties of Plant-Derived Natural Products and Implications for Human Health, 451-499.
  4. Journal of Research in Medical Science. (2022). Potential medicinal benefits of Cosmos caudatus (Ulam Raja): A scoping review.
  5. Cleveland Clinic (2019). Antioxidants, Vitamin E, Beta Carotene, & Cardiovascular Disease.
  6. Moshawih, et al. (2017). A Comprehensive Review on Cosmos caudatus (Ulam Raja): Pharmacology, Ethnopharmacology, and Phytochemistry. International Research Journal of Education and Sciences, 1(1), 14–31.
  7. Nurhayati, et al. (2018). The Antioxidant and Cytotoxic Effects of Cosmos caudatus Ethanolic Extract on Cervical Cancer. The Indonesian Biomedical Journal, 10(3), 243–249.
  8. Cheng, S. H., Barakatun-Nisak, M. Y., Anthony, J., & Ismail, A. (2015). Potential medicinal benefits of Cosmos caudatus (Ulam Raja): A scoping review. Journal of research in medical sciences: the official journal of Isfahan University of Medical Sciences20(10), 1000.
  9. Bunawan, H., Baharum, S. N., Bunawan, S. N., Amin, N. M., & Noor, N. M. (2014). Cosmos caudatus Kunth: A traditional medicinal herb. Global Journal of Pharmacology8(3), 420-426.
  10. Mohamed, N., Gwee Sian Khee, S., Shuid, A. N., Muhammad, N., Suhaimi, F., Othman, F., … & Soelaiman, I. N. (2012). The effects of Cosmos caudatus on structural bone histomorphometry in ovariectomized rats. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine2012.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.