Manfaat Bunga Melati
Gaya Hidup

7 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Melati – Bunga melati dengan nama ilmiah Jasminum, atau yang sering disebut sebagai ‘Ratu Bunga’, mempesona dengan warna putihnya yang elegan. Keelokannya tidak hanya membuatnya populer sebagai bunga hiasan, tetapi juga sebagai bahan utama dalam berbagai produk kecantikan dan minuman herbal. Di Indonesia, bunga melati tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis Australasia, dan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Teh aromatik yang terbuat dari bunga melati bukanlah tren baru. Bahkan, sejak dinasti Ming di Cina, minuman sehat ini telah dikenal sebagai minuman penyembuh yang kemudian menyebar ke banyak negara di dunia. Dengan kehadiran antioksidan kuat seperti katekin dan epikatekin, teh bunga melati bukan hanya sekadar minuman, tetapi juga obat tradisional yang mampu menenangkan pikiran dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Melati
Sumber Gambar: Freepik

Ragam manfaat bunga melati untuk kesehatan ternyata bukan sekedar mitos belaka, berikut rangkuman manfaat bunga melati yang disadur dari beberapa sumber.

1. Pengelolaan Diabetes

Sifat hipoglikemik bunga melati menjadikannya sekutu penting dalam mengelola diabetes. Kandungan katekin bioaktif dalam bunga tersebut dapat mengaktifkan produksi insulin dari sel pankreas. Konsumsi teh bunga melati secara teratur dapat signifikan mengurangi pemecahan pati menjadi glukosa, yang pada akhirnya menurunkan kadar gula darah puasa dan insulin.

2. Kesehatan Pencernaan

Beberapa studi mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi membuat bunga melati efektif dalam mengatasi perut kembung, sakit perut, diare, dispepsia, dan sindrom iritasi usus besar. Tidak hanya itu, bunga melati juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, membersihkan bakteri berbahaya, dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

3. Manajemen Berat Badan

Kandungan EGCG (epigallocatechin) dan asam galat dalam daunnya dapat membantu mencegah penambahan berat badan dengan mempercepat metabolisme. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, bunga melati juga membantu membersihkan racun berbahaya dari tubuh dan membakar kelebihan lemak dengan lebih efisien.

4. Kesehatan Jantung

Gelar ‘Ratu Bunga’ tidak hanya datang dari keindahannya, tetapi juga dari kandungan antioksidannya. Bunga melati dapat meningkatkan fungsi jantung, mengurangi risiko penyakit jantung, dan bahkan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Penelitian membuktikan, sifat antikoagulan dan antifibrinolitik dalam bunga melati juga dapat mencegah penyumbatan arteri yang sering menjadi penyebab berbagai masalah jantung.

5. Fungsi Kognitif

Penelitian menunjukan, kandungan antioksidan kuat dan polifenol dalam bunga melati dapat meningkatkan aktivitas otak. Mereka membantu sekresi neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin, yang berperan penting dalam meningkatkan suasana hati, memori, fokus, konsentrasi, ketenangan, dan kewaspadaan individu.

6. Merawat Mata

Selain memberikan manfaat kesehatan tubuh secara keseluruhan, bunga melati juga memiliki keajaiban untuk merawat mata. Daun melati yang diaplikasikan pada mata dapat mengobati mata merah, iritasi, dan belekan. Cara sederhana ini menjadi alternatif alami untuk menjaga kesehatan mata.

7. Kesehatan Kulit

Minyak esensial alami yang terkandung dalam bunga melati memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit, mengatasi peradangan, dan membunuh kuman. Penelitian juga menunjukkan bahwa bunga melati dapat mencegah penuaan dini, kulit kering, dan membantu dalam proses pemulihan luka. Oleh karena itu, produk perawatan kulit seperti pelembap, serum wajah, atau minyak esensial dari bunga melati dapat menjadi pilihan bagi mereka yang menginginkan kulit sehat dan bercahaya.

Baca juga: 15+ Manfaat Rebung untuk Kesehatan

Tantangan dan Mitos seputar Konsumsi Bunga Melati

Bunga melati tidak hanya terbatas pada dunia minuman. Kini, bunga melati juga sering diintegrasikan dalam berbagai makanan, mulai dari kue, puding, permen, hingga teh atau campuran minuman. Penggunaan bunga melati dalam kuliner memberikan sentuhan eksotis dan aroma khas yang tak terlupakan.

Meskipun memiliki begitu banyak manfaat, konsumsi bunga melati juga seringkali dihiasi dengan mitos dan pandangan mistis. Sebagian orang masih terkait dengan kepercayaan bahwa bunga melati membawa energi positif atau memiliki kekuatan magis tertentu. Terlepas dari pandangan ini, penting untuk menilai manfaat bunga melati dengan dasar ilmiah dan kesehatan, menjauh dari stereotip yang mungkin melekat.

Akhir kata, semoga informasi yang diberikan ini dapat membawa manfaat untuk kita ya. Terimakasih

Referensi

  1. Netmeds. Jasmine: 5 Astonishing Benefits Of Adding This Incredible Flower To Your Diet. Diakses pada 2023.
  2. Zhang, Y., Huang, J., Xiong, Y., Zhang, X., Lin, Y., & Liu, Z. (2021). Jasmine tea attenuates chronic unpredictable mild stress-induced depressive-like behavior in rats via the gut-brain axis. Nutrients14(1), 99.
  3. Arun, M., Satish, S., & Anima, P. (2016). Phytopharmacological profile of Jasminum grandiflorum Linn.(Oleaceae). Chinese journal of integrative medicine22, 311-320.
  4. Rani, C., Chawla, S., Mangal, M., Mangal, A. K., Kajla, S., & Dhawan, A. K. (2012). Nyctanthes arbor-tristis Linn.(Night Jasmine): A sacred ornamental plant with immense medicinal potentials.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.