Cara Isi Pulsa Listrik dengan m-Banking
Teknologi

4 Cara Isi Pulsa Listrik dengan m-Banking

Listrik adalah salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan modern kita. Kita mengandalkan listrik untuk hampir semua aspek kehidupan kita, dari penerangan hingga pengisian perangkat elektronik kita. Untuk itu, penting bagi kita untuk selalu memiliki pulsa listrik yang cukup untuk menjaga kenyamanan dan produktivitas kita. Salah satu cara yang semakin populer dan praktis untuk mengisi pulsa listrik adalah melalui layanan mobile banking, atau yang sering disebut m-Banking.

Apa Itu m-Banking?

M-Banking, atau mobile banking, adalah layanan perbankan yang memungkinkan untuk mengakses rekening bank dan melakukan berbagai transaksi keuangan melalui perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet. Ini adalah cara yang praktis untuk mengelola keuangan tanpa harus pergi ke kantor bank fisik.

Salah satu fungsi m-Banking adalah untuk membantu mengisi pulsa listrik. Dengan menggunakan aplikasi m-Banking yang disediakan oleh bank, Anda dapat membeli token listrik tanpa harus pergi ke lokasi fisik, seperti minimarket atau kantor pos. Hal ini sangat nyaman terutama dalam situasi di mana Anda perlu mengisi ulang pulsa listrik dengan cepat.

Mengapa Memilih m-Banking untuk Mengisi Pulsa Listrik?

Ada beberapa alasan mengapa m-Banking menjadi pilihan yang semakin populer untuk mengisi pulsa listrik:

  • Kemudahan Akses
  • Keamanan
  • Cepat dan Efisien
  • Menghindari Kesalahan Manusia
  • Riwayat Transaksi

Dengan banyaknya manfaat ini, m-Banking menjadi pilihan yang semakin diminati oleh banyak orang untuk mengisi pulsa listrik mereka. Berikut adalah langkah-langkah rinci tentang cara mengisi pulsa listrik dengan m-Banking dari beberapa bank terkemuka di Indonesia.

Cara Isi Pulsa Listrik dengan m-Banking

Ada 4 metode yang dapat digunakan untuk isi pulsa listrik dengan m-Banking, berikut ulasan lengkapnya.

Cara Isi Pulsa Listrik dengan m-Banking BCA

BCA (Bank Central Asia) juga menyediakan layanan m-Banking yang memudahkan pengguna untuk mengisi pulsa listrik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih m-Commerce pada menu utama BCA Mobile.
  2. Pilih PLN Prabayar.
  3. Masukkan nomor meter/IDPEL.
  4. Pilih nominal pulsa token.
  5. Konfirmasi pembelian lalu klik “Ok”.

Cara Isi Pulsa Listrik dengan m-Banking Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang menawarkan layanan m-Banking yang sangat mudah digunakan untuk mengisi pulsa listrik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Mandiri Online.
  2. Login dengan username dan password Anda. Jika belum memiliki aplikasi Mandiri Online, Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu secara gratis.
  3. Masuk ke menu “Beli”.
  4. Pilih “Buat Pembelian Baru”, kemudian pilih “PLN Prabayar”.
  5. Tentukan rekening sumber yang akan Anda pakai, lalu pilih penyedia jasa.
  6. Pada pilihan penyedia jasa, pilih “PLN Prabayar”.
  7. Masukkan IDPEL/No. Meter Anda, tentukan nominal token, dan pilih “Lanjut”.
  8. Transaksi selesai setelah Anda mengkonfirmasi dan memasukkan MPIN.

Cara Isi Pulsa Listrik dengan m-Banking BNI

Bank BNI juga menyediakan layanan m-Banking yang memudahkan pengguna untuk mengisi pulsa listrik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi dan pilih “Pembelian”.
  2. Selanjutnya pilih opsi “Token Listrik”.
  3. Kemudian pilih “Beli Token PLN Prepaid”.
  4. Anda harus memasukkan nomor ID Pelanggan/Nomor meter. Pilih juga nominal token listrik yang ingin dibeli.
  5. Klik proses, minimal jumlah pembelian Rp20.000.
  6. Nanti akan muncul pertanyaan konfirmasi apakah akan mengirim token listrik ke nomor meter tersebut. Pilih “Yes” bila Anda yakin.
  7. Kemudian Anda akan menerima SMS dari 3346 yang meminta memasukkan nominal token listrik diikuti dua angka PIN SMS Banking BNI secara acak.
  8. Transaksi dinyatakan berhasil bila Anda telah menerima kode voucher token listrik yang bisa dimasukkan ke meteran listrik.

Cara Isi Pulsa Listrik dengan m-Banking BRI

Bank BRI juga menyediakan layanan m-Banking yang memudahkan pengguna untuk mengisi pulsa listrik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Mobile Banking BRI. Daftar menu akan muncul, dan pilih opsi “Isi Ulang”.
  2. Selanjutnya, pilih “PLN”.
  3. Pilih jenis transaksi “PLN Prabayar”.
  4. Kemudian masukkan ID pelanggan/nomor meteran prabayar.
  5. Pilih nominal token listrik yang akan dibeli mulai dari Rp20.000 hingga Rp1 juta. Setelah itu, klik “OK”.
  6. Masukkan PIN dan tekan “Send”. Aplikasi akan mengonfirmasi apakah Anda akan melakukan transaksi menggunakan SMS. Klik “Ok”.
  7. Setelah transaksi berhasil, cek kotak masuk SMS di HP Anda. Anda akan menerima SMS dari BRI yang disertai dengan identitas rekening PLN Prabayar serta kode voucher token listrik sebanyak 20 digit.
  8. Kode voucher ini bisa digunakan untuk menambah token listrik di rumah sehingga listrik akan terus menyala.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengisi pulsa listrik dengan mudah dan cepat menggunakan layanan m-Banking dari bank. Ini adalah salah satu cara yang paling praktis untuk mengelola pulsa listrik.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Berbagai Bidang

Cara Mengisi Pulsa Listrik ke Meteran

Setelah berhasil membeli token listrik menggunakan m-Banking atau metode lainnya, Anda perlu mengisinya ke meteran listrik di rumah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Beli pulsa listrik dengan m-Banking atau dengan cara lainnya. Anda bisa membelinya di penjual pulsa, supermarket, minimarket, kantor pos, mitra bank, atau secara online.
  2. Setelah mendapatkan struk yang berisi 20 angka kode token listrik, masukkan 20 angka kode token listrik pada struk tersebut ke meteran listrik.
  3. Caranya dengan langsung ketikkan 20 angka token listrik lalu tekan tombol ‘enter’.
  4. Jika salah mengetikkan kode token, cukup hapus dengan menekan tombol ‘backspace’.
  5. Setelah memasukkan 20 angka dan menekan ‘enter’, akan muncul tulisan ‘Benar’ atau ‘Accept’, yang menandakan kode yang Anda masukkan benar, dan kemudian akan ditampilkan pada layar MPB jumlah nilai kwh dan daya yang di beli.
  6. Jika setelah memasukkan 20 angka token listrik dan muncul tulisan ‘Salah’ atau ‘Reject’, ada kemungkinan Anda salah memasukkan 20 angka token pulsa tersebut. Cobalah untuk memasukkannya kembali.
  7. Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengisi pulsa listrik dengan m-Banking dan ke meteran agar dapat menikmati pasokan listrik yang memadai. Cukup sekian tips Bams, semoga bermanfaat ya.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.