Manfaat Buah Pala
Gaya Hidup

15 Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pala – Buah pala berasal dari biji pohon Myristica fragrans dan merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia. Dengan penampilan yang khas, buah pala hadir dalam bentuk biji utuh atau bubuk yang sering menjadi andalan dapur. Ketahui lebih lanjut tentang varian-varian buah pala dan bagaimana pengolahan dapat mempengaruhi kualitasnya.

Kaya akan serat, buah pala bukan hanya sekadar pewangi makanan. Buah ini memberikan suntikan vitamin A, E, C, dan berbagai mineral seperti mangan, magnesium, tembaga, dan fosfor. Namun, tak hanya itu, temukan juga kandungan kalori, protein, lemak, dan karbohidrat dalam satu sendok teh bubuk pala.

Biji buah pala menyimpan sejumlah kandungan bernilai, seperti minyak atsiri, saponin, miristisin, pektin, asam oleanolat, dan elemen lainnya. Pada bagian bunga atau fuli, terdapat minyak atsiri dan zat samak, sementara daging buah pala mengandung minyak atsiri dan zat samak.

Menelusuri nutrisi ini akan membantu kita memahami bagaimana buah pala dapat menjadi penyokong kesehatan yang luar biasa.

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

kita akan membahas manfaat kesehatan buah pala yang mengagumkan. Dari menjaga kesehatan gigi hingga meningkatkan gairah seksual.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa buah pala memiliki sifat kemopreventif yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada pengidap leukemia. Meskipun bukan pengganti pengobatan utama, tetapi pencegahan adalah langkah pertama yang bijak.

2. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan. Kandungan esensial dalam buah pala, seperti linalool, dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, memberikan harapan bagi mereka yang ingin mengendalikan kondisi ini.

3. Menjaga Kesehatan Gigi

Siapa sangka bahwa minyak buah pala sering digunakan dalam produk gigi? Kandungan antibakteri di dalamnya terbukti efektif melawan patogen mulut yang bisa menyebabkan penyakit dan bau mulut. Bersiaplah untuk senyuman yang bersinar!

4. Menurunkan Kolesterol

Apakah kadar kolesterol Anda sedang tinggi? Buah pala datang sebagai pahlawan yang menawarkan efek hipolipidemik, membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Namun, tentu saja, tetap konsultasikan dengan profesional kesehatan Anda.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Studi menarik menunjukkan bahwa buah pala dapat bertindak sebagai antidepresan potensial pada tikus jantan. Dalam dunia yang penuh tekanan, mungkin buah pala adalah sahabat terbaik untuk meningkatkan mood dan menghadirkan kebahagiaan dalam hidup kita.

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

Menginginkan otak yang sehat? Buah pala bisa menjadi pilihan tepat. Kandungan di dalamnya dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson, memberikan perlindungan ekstra untuk organ yang paling penting dalam tubuh kita.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Apakah Anda kesulitan tidur? Buah pala datang sebagai penyelamat. Studi awal menunjukkan bahwa buah ini dapat membantu meningkatkan durasi dan kualitas tidur. Tidur yang nyenyak dapat menjadi kunci bagi kesejahteraan kita.

8. Meningkatkan Gairah Seksual

Bukankah ini yang selalu kita cari? Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa buah pala dapat meningkatkan gairah seksual. Tentu saja, kita masih perlu penelitian lebih lanjut pada manusia, tetapi buah pala bisa menjadi kunci untuk menghidupkan kembali api asmara.

9. Mengontrol Kadar Gula Darah

Bagi mereka yang menjalani perang melawan diabetes, buah pala dapat menjadi sekutu. Mengonsumsinya membantu mengontrol kadar gula darah, namun tentu saja, gaya hidup sehat tetap menjadi kunci utama.

10. Mencegah Infeksi Bakteri

Keajaiban antibakteri buah pala tidak hanya berhenti pada mulut. Studi menunjukkan bahwa buah pala dapat melawan beberapa jenis bakteri penyebab penyakit, baik pada mulut dan gigi, maupun di dalam tubuh kita. Kebersihan mulai dari mulut!

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Bagi para penyintas jantung, buah pala adalah sahabat setia. Mengonsumsinya secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah gangguan yang berpotensi mematikan.

12. Mengatasi Diare

Diare yang menghantui bisa mendapatkan perlawanan dari buah pala. Sifat anti-diare di dalamnya dapat membantu meredakan gangguan pencernaan dan mengembalikan ketenangan dalam tubuh.

13. Meredakan Nyeri

Rasa nyeri yang tak tertahankan dapat diatasi dengan cara alami. Minyak esensial pala dapat digunakan untuk meredakan nyeri, memberikan kenyamanan bagi mereka yang menderita penyakit serius seperti kanker atau diabetes.

14. Mengurangi Efek gigitan Serangga

Selain berfungsi sebagai balsam atau freshcare, minyak pala juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga. Senyawa yang terkandung dalam minyak pala memiliki sifat insektisida (penolak serangga), fungisida (anti jamur), dan antibakteri, sehingga minyak ini dapat bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit.

15. Mengatasi Masuk Angin

Keseluruhan kandungan dalam setiap bagian Pala baik itu daging, biji dan bunga memberikan manfaat yang berharga bagi tubuh manusia, terutama dalam mengatasi gejala masuk angin. Aroma hangat dari minyak pala juga dapat membantu meredakan tanda-tanda masuk angin.

Baca juga: 15 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Tips Konsumsi yang Sehat dan Aman

Sebelum terburu-buru menikmati manfaat buah pala, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan buah pala yang berkualitas hingga cara penyimpanan yang tepat, semua itu memainkan peran penting dalam menjaga kualitas dan keaslian buah pala. Selain itu, jangan lupa dosis konsumsi yang tepat dan tanda-tanda alergi yang perlu diwaspadai.

Buah pala telah membuktikan dirinya sebagai “ratu rempah-rempah” yang patut dihargai. Melalui penelitian, inovasi, dan pemahaman mendalam akan khasiatnya, kita dapat mengintegrasikan buah pala ke dalam gaya hidup sehat kita.

Referensi

  1. WebMD. Nutmeg: Health Benefits, Nutrition, and Uses. Diakses pada 20 November 2023.
  2. Chemico Biological Interactions. (Myristicin from Nutmeg Induces Apoptosis via The Mitochondrial Pathway and Down Regulates Genes of the DNA Damage Response Pathways in Human Leukaemia K562 Cells. Diakses pada 20 November 2023.
  3. Journal of Bioscience and Bioengineering. Diakses pada 20 November 2023. Antimicrobial activity of nutmeg against Escherichia coli O157.
  4. Mayo Clinic. Calcium and Calcium Supplements: Achieving the Right Balance. Diakses pada 20 November 2023.
  5. Seneme, E. F., et al. (2021). Pharmacological and Therapeutic Potential of Myristicin: A Literature Review. Molecules (Basel, Switzerland), 26(19), pp. 5914.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.