Manfaat Samibloto
Gaya Hidup

12 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan

Manfaat Sambiloto – Selama berabad-abad, alam telah menyediakan kita dengan aneka tumbuhan berkhasiat yang mampu mendukung kesehatan tubuh. Salah satu tumbuhan yang semakin mendapatkan perhatian adalah Sambiloto (Andrographis paniculata). Tumbuhan herbal ini, juga dikenal sebagai “king of bitters,” telah menjadi bagian integral dari tradisi pengobatan alami, khususnya di Indonesia.

Sambiloto, dengan nama ilmiah Andrographis paniculata, berasal dari India dan Sri Lanka. Namun, tanaman ini tumbuh subur hampir di seluruh pulau di Indonesia, seperti Jawa, Madura, dan Bawean. Memiliki bentuk pipih panjang dengan ujung yang runcing, telah menjadi bahan utama dalam ramuan herbal yang digunakan secara turun-temurun oleh masyarakat.

Komposisi Nutrisi Sambiloto

Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

Sambiloto kaya akan zat-zat hebat yang menyimpan keajaiban kesehatan. Andrografolid, tanin, flavonoid, terpenoid, dan saponin merupakan beberapa senyawa utama pada tanaman ini. Setiap bagian tanaman, mulai dari daun hingga batang, menawarkan kontribusi berharga untuk kesehatan.

Baca juga: 12 Manfaat Cengkeh untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan

Berikut ini ragama manfaat Sambiloto untuk kesehatan yang kami rangkum dari beberapa sumber.

1. Meringankan Gejala Flu

Rasa pahit Sambiloto menjadi sekadar tantangan kecil ketika dibandingkan dengan manfaat besar yang dapat diperoleh. Salah satu keunggulan utamanya adalah kemampuannya dalam meredakan gejala flu, seperti sakit tenggorokan, pilek, batuk, dan bersin-bersin. Sambiloto tidak hanya menawarkan kenyamanan segera, tetapi juga mempercepat proses penyembuhan berkat sifat antivirus dan antiperadangannya yang kuat.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kepercayaan masyarakat pada kemampuan daun herbal ini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bukan tanpa dasar. Sambiloto membantu memperbaiki dan merangsang kinerja sel darah putih, menjadikan pertahanan tubuh lebih tangguh dalam melawan patogen penyebab penyakit.

3. Meringankan Demam

Demam, sebagai respons tubuh terhadap peradangan, dapat diatasi dengan Sambiloto. Kandungan antibakteri, antiradang, dan antivirus pada tanaman ini menjadikannya pilihan efektif untuk meredakan demam yang berkaitan dengan infeksi.

4. Meredakan Peradangan

Peradangan, meskipun alami, dapat menjadi ancaman serius jika terus-menerus terjadi. Sambiloto hadir sebagai sekutu yang efektif dalam mengatasi masalah ini. Dengan mengonsumsinya secara teratur, dapat mengurangi gejala peradangan seperti nyeri, pembengkakan, dan kelelahan.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Teh herbal, suplemen, atau jamu berbahan dasar Sambiloto dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan tanaman ini dapat memperlebar pembuluh darah, memastikan aliran darah yang lebih lancar. Namun, hati-hati diperlukan, terutama bagi mereka yang tengah menjalani pengobatan medis untuk hipertensi.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Sambiloto membuktikan dirinya sebagai sekutu yang berharga dalam mengatasi masalah gula darah. Studi pada tikus percobaan menunjukkan efektivitasnya dalam melawan diabetes tipe 1, mengembalikan kadar glukosa dan kolin dalam batas normal. Meskipun demikian, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikannya pada manusia.

7. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Keunggulan Sambiloto tidak hanya terbatas pada infeksi dan penyakit umum, tanaman ini juga menunjukkan potensi dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, perlu disadari bahwa tanaman ini belum sepenuhnya dapat diandalkan sebagai obat untuk penyakit kanker. Penelitian lebih lanjut menjadi kunci untuk memastikan manfaat ini.

8. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Kesehatan hati memegang peran sentral dalam keseimbangan tubuh. Sambiloto membantu meningkatkan fungsi kantung empedu dan melancarkan aliran darah ke organ ini, memberikan perlindungan tambahan pada organ yang begitu penting ini.

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sambiloto dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan melawan efek radikal bebas dari paparan polusi dan kotoran. Selain itu, tanaman herbal ini efektif mengatasi infeksi jamur kulit, seperti dermatofitosis (kulit bersisik). Sambiloto juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan meningkatkan hidrasi dan kepadatan kulit, serta mengurangi kerutan dan masalah kulit kendur.

10. Mengurangi Nyeri Haid dan Infeksi Jamur

Jamu Sambiloto sering direkomendasikan untuk wanita sebagai solusi alami dalam mengurangi nyeri haid dan mengatasi infeksi jamur. Kombinasi antiseptik dan antiinflamasi membuat Sambiloto menjadi ramuan yang ampuh untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita.

11. Perlindungan Terhadap ISPA

Kajian penelitian menunjukkan bahwa Sambiloto dapat membantu memperbaiki gejala ISPA, termasuk flu, batuk, dan sakit tenggorokan. Keberadaannya sebagai agen terapeutik membuatnya menjadi alternatif yang menjanjikan dalam pengobatan ISPA.

12. Membantu Mengobati Radang Usus

Sebuah Penelitian menemukan bahwa ekstrak andrographis (daun Sambiloto) dianggap lebih efektif dalam mengatasi kolitis ulserativa daripada plasebo. Ini memberikan harapan baru bagi mereka yang menderita peradangan kronis pada usus besar dan rektum.

Cara Konsumsi Sambiloto

Cara Konsumsi Sambiloto
Sumber Gambar: Freepik

Setelah memahami segudang manfaat Sambiloto, penting untuk mengetahui cara mengonsumsinya dengan benar. Berikut adalah beberapa metode yang umumnya digunakan:

  1. Rebusan Daun Sambiloto
    • Siapkan beberapa lembar daun Sambiloto yang telah dicuci bersih.
    • Rebus dengan air hingga mendidih dan biarkan hingga air menyusut sedikit.
    • Air rebusan dapat diminum secara rutin untuk mengobati penyakit tertentu.
  2. Ekstrak Sambiloto
    • Dapatkan ekstrak Sambiloto yang telah diproses secara khusus.
    • Sesuaikan dosis sesuai petunjuk penggunaan.
  3. Jamu Sambiloto
    • Gunakan daun Sambiloto sebagai salah satu bahan dalam pembuatan jamu tradisional.
    • Campur dengan bahan alami lain sesuai kebutuhan.
  4. Penggunaan Luar
    • Untuk masalah kulit, daun Sambiloto dapat diaplikasikan langsung sebagai kompres atau masker.
    • Lakukan patch test terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi.

Baca juga: 13 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Efek Samping dan Peringatan

Efek Samping dan Peringatan
Sumber Gambar: Freepik

Meskipun sambiloto memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, penggunaannya tetap perlu dilakukan dengan hati-hati:

  • Hindari konsumsi berlebihan, terutama jika sedang dalam pengobatan medis.
  • Konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi sambiloto, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu.
  • Sambiloto tidak disarankan untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan orang dengan tekanan darah rendah.
  • Pemakaian luar pada kulit perlu diuji terlebih dahulu untuk menghindari reaksi alergi.

Mari jaga kesehatan dengan bijak, menjadikan Sambiloto sebagai teman setia dalam perjalanan panjang kita menuju kesehatan dan kebahagiaan.

Referensi

  1. http://digilib.poltekkesdepkes-sby.ac.id/public/POLTEKKESSBY-Journal-4927-6.PENGARUHINFUSADAUNSAMBILOTOAndrographispaniculataNess.pdf
  2. https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/152/BERBAGAI-MANFAAT-SAMBILOTO–i-Andrographis-paniculata–i—BURM-f–NESS.html
  3. https://bmccomplementmedtherapies.biomedcentral.com/
  4. https://academic.oup.com/ajcn/article/96/6/1262/4571434
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5544222/
  6. WebMD. Diakses pada 2023. Andrographis.
  7. Very Well Health. Diakses pada 2023. The Health Benefits of Andrographis.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.