Manfaat Air Tebu
Gaya Hidup

12 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

Manfaat Air tebu dikenal karena sumber karbohidrat yang berkualitas tinggi. Dalam satu gelas air tebu sebanyak 240 mililiter, terdapat sekitar 50 gram gula alami. Meskipun tergolong tinggi, indeks glikemik air tebu rendah, menjadikannya pilihan yang lebih aman untuk menjaga gula darah. Selain itu air tebu mengandung vitamin A, B1 hingga B6, C, dan E. Vitamin-vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan mendukung berbagai fungsi organ. Tak hanya kaya akan vitamin, air tebu juga mengandung beragam mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Kombinasi mineral-mineral ini memberikan dukungan esensial bagi fungsi tubuh yang optimal.

Manfaat Air Tebu Untuk Kesehatan

Selain kaya dengan kandungan nutrisi, air tebu memberikan manfaat yang besar terhadap kesehatan tubuh kita. Berikut rangkuman manfaat air tebu yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Antioksidan

Salah satu keistimewaan air tebu yang mungkin belum banyak disadari adalah kandungan antioksidannya. Menurut penelitian ilmiah, air tebu kaya akan antioksidan berupa asam fenolat, quercetin, caffeic acid, dan ellagic acid. Antioksidan ini memiliki peran penting dalam melawan radikal bebas dalam tubuh, membantu melindungi sel-sel dari kerusakan, dan berpotensi mencegah penyakit degeneratif.

2. Mendukung Tidur Berkualitas

Asam amino dalam air tebu diyakini dapat membantu menyeimbangkan jumlah hormon stres dalam tubuh. Selain itu, tubuh mengubah asam amino menjadi senyawa-senyawa seperti melatonin dan triptofan, yang mendukung tidur yang lebih nyenyak.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C, yang melimpah dalam air tebu, memiliki peran penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin ini merangsang kerja sel darah putih, seperti limfosit dan fagosit, yang berperan dalam melawan infeksi. Dengan daya tahan tubuh yang optimal, Anda dapat menghadapi tantangan kesehatan dengan lebih tangguh.

Baca juga: 17 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan dan Ibu Menyusui

4. Merawat Kesehatan Kulit

Air tebu bukan hanya sekadar minuman penyegar, tapi juga sahabat terbaik kulit. Kandungan asam glikolat dan antioksidan dalam air tebu melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas, membantu mengatasi radang, memperbaiki tampilan kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

5. Sumber Energi

Kandungan glukosa dan berbagai mineral dalam air tebu membuatnya menjadi sumber energi yang optimal. Glukosa adalah sumber energi utama bagi tubuh, sementara mineral membantu proses perubahan glukosa menjadi energi. Dengan mengonsumsi air tebu, dapat merasakan peningkatan energi yang berkelanjutan dan mendorong laju metabolisme.

6. Mempertahankan Kepadatan Tulang

Mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium dalam air tebu adalah komponen penting yang membantu memperkuat tulang. Dengan tulang yang kuat, dapat melawan risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

7. Menurunkan Kolesterol dan Melindungi Jantung

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi air tebu murni dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Ini bukan hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi juga berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung seiring bertambahnya usia.

8. Mencegah Dehidrasi

Dengan kandungan cairan dan elektrolitnya, air tebu bukan hanya minuman penyegar tetapi juga penjaga kelembapan tubuh. Jadi, selamat tinggal dehidrasi, karena air tebu hadir untuk memuaskan dahaga dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam air tebu dapat mengurangi ketegangan pada pembuluh arteri, membantu mengontrol tekanan darah, dan berpotensi menurunkan risiko pengerasan pembuluh, serangan jantung, dan stroke.

10. Manfaat untuk Ginjal

Air tebu bersifat diuretik, meningkatkan produksi urine, membantu kerja ginjal, dan membawa keluar endapan mineral pada saluran kemih. Ini tidak hanya bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, tetapi juga untuk kesehatan ginjal secara keseluruhan.

Baca juga: 17 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

11. Pengganti Gula yang Ramah untuk Diabetes

Meskipun mengandung gula, air tebu memiliki indeks glikemik rendah. Ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih aman bagi penderita diabetes tipe 2. Meski demikian, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kesesuaian konsumsi air tebu dengan kondisi diabetes.

12. Mencegah Penyakit Kronis

Tidak hanya melawan radikal bebas, tetapi antioksidan dalam air tebu juga membantu mencegah timbulnya penyakit kronis seperti kanker prostat dan kanker payudara. Dengan memberikan perlindungan ekstra ini, air tebu bukan hanya minuman, tetapi pahlawan tak terlihat dalam menjaga kesehatan jangka panjang.

Penderita diabetes perlu memperhatikan asupan gula, tetapi meskipun kadar gula dalam air tebu cukup tinggi, mengonsumsinya dengan moderat sebenarnya memberikan manfaat bagi mereka yang menderita diabetes. Pasalnya, gula alami yang terdapat dalam ekstrak tebu memiliki indeks glikemik yang rendah. Hal ini dapat membantu mencegah lonjakan kadar glukosa darah yang sering terjadi pada penderita diabetes. Tetapi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya.

Referensi

  1. Hong, K. B., Park, Y., & Suh, H. J. (2018). Two combined amino acids promote sleep activity in caffeine-induced sleepless model systems. Nutrition Research and Practice, 12(3), 208–214. https://doi.org/10.4162/nrp.2018.12.3.208
  2. Chen, S., Jiang, H., Wu, X., & Fang, J. (2016). Therapeutic Effects of Quercetin on Inflammation, Obesity, and Type 2 Diabetes. Mediators of Inflammation, 2016, 9340637. https://doi.org/10.1155/2016/9340637
  3. Souza, L. S., et al. (2019). Determination of Nutrients in Sugarcane Juice Using Slurry Sampling and Detection by ICP OES. Food Chemistry, 273, 57–63.
  4. Arif, S., et al. (2019). Physiochemical Characteristics Nutritional Properties and Health Benefits of Sugarcane Juice. Non-Alcoholic Beverages, 6, 227–257.
  5. Ali, S., et al. (2019). Profiling Metabolites and Biological Activities of Sugarcane (Saccharum officinarum Linn.) Juice and its Product Molasses via a Multiplex Metabolomics Approach. Molecules, 24(5), 934.
  6. Healthify Me. (2023). Diakses pada 18 November 2023. 10 Amazing Benefits Of Sugarcane Juice.
  7. NDTV Food. (2023). Diakses pada 18 November 2023. 6 Health Benefits of Sugarcane Juice: A Promise of Good Health.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.