Manfaat Mugwort
Gaya Hidup

11 Manfaat Mugwort untuk Kesehatan dan Kulit Wajah

Manfaat Mugwort – Selama berabad-abad, kecantikan kulit menjadi fokus utama bagi banyak peradaban. Dari zaman dahulu hingga era modern, berbagai budaya telah menemukan beragam cara untuk merawat kulit agar tetap sehat dan cantik. Salah satu rahasia kecantikan kulit yang tengah menjadi sorotan saat ini adalah penggunaan mugwort, tanaman ajaib yang telah menjadi favorit dalam dunia perawatan kulit.

Mugwort (Artemisia vulgaris L.) , atau yang dikenal sebagai daun baru cina, bukanlah sekadar tanaman hias biasa. Tumbuhan ini telah menjadi bahan utama dalam berbagai produk perawatan kulit Korea selama ratusan tahun. Dalam perjalanan panjangnya, mugwort tidak hanya diandalkan sebagai bahan masakan dan obat tradisional, tetapi juga sebagai elemen kunci dalam ritual kecantikan yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Tanaman berbunga ini umumnya ditemukan di belahan bumi utara. Meskipun mungkin belum begitu populer di kalangan penikmat tanaman hias, namun keunikan dan manfaatnya menjadikannya bintang dalam dunia perawatan kulit. Dalam budaya yang berbeda, mugwort bukan hanya sekadar tanaman, melainkan juga simbol spiritual dan ramuan mujarab.

Manfaat Mugwort untuk Kesehatan dan Kulit Wajah

Manfaat Mugwort
Sumber Gambar: Freepik

Mugwort memiliki sejumlah manfaat luar biasa yang membuatnya layak menjadi bintang dalam rutinitas perawatan kulit. Berikut adalah beberapa manfaat mugwort untuk kesehatan dan kulit wajah.

1. Antioksidan Melawan Penuaan Dini

Mugwort mengandung antioksidan, membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Kandungan ini membuat mugwort menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin menjaga kulit tetap muda dan sehat.

2. Mengurangi Stres

Mugwort memiliki kemampuan menenangkan sistem saraf, meningkatkan energi, serta meredakan kecemasan, gangguan tidur, dan depresi. Ini bisa menjadi solusi alami bagi mereka yang mencari cara untuk mengatasi stres sehari-hari. Suplemen atau teh mugwort dapat menjadi pilihan yang baik.

3. Menenangkan Peradangan

Kulit terasa sensitif dan memerah, mugwort merupakan pilihan terbaik untuk menenangkan peradangan. Kandungan antiinflamasi alami dalam tanaman ini telah terbukti secara ilmiah dapat meredakan iritasi pada kulit.

4. Membantu Proses Persalinan Normal

Mugwort telah lama diketahui membantu proses persalinan normal dengan memicu kontraksi rahim. Meskipun demikian, penggunaan mugwort pada kehamilan awal tidak disarankan karena dapat meningkatkan risiko keguguran.

5. Menghilangkan Jerawat

Jerawat bisa menjadi masalah yang mengganggu kepercayaan diri. Mugwort, dengan sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi, membantu melindungi kulit dari jerawat dan peradangan.

6. Meredakan Kolik Menstruasi

Teknik moksibusi dengan daun mugwort dapat meredakan nyeri haid, bahkan sebanding dengan penggunaan obat pereda nyeri. Bagi wanita yang sering mengalami kram perut akibat menstruasi, mugwort bisa menjadi alternatif alami yang menarik.

7. Antibakteri

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mugwort mengandung minyak pohon teh, yang memiliki sifat antibakteri. Ini bukan hanya membantu mengatasi jerawat, tetapi juga efektif dalam membersihkan dan melindungi kulit dari bakteri berbahaya.

8. Melembapkan Wajah

Beberapa studi menunjukan, mugwort mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi, suatu zat yang sangat diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit. Kandungan ini memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kering dan dehidrasi.

9. Meredakan Gatal pada Kulit

Dengan kemampuannya menenangkan kulit sensitif, mugwort menjadi pilihan ideal bagi mereka yang sering mengalami iritasi kulit. Baik itu akibat gigitan serangga, reaksi alergi, atau ruam panas, mugwort dapat memberikan kelegaan.

10. Mencerahkan Kulit

Penelitiah ilmiah menunjukan bahwa mugwort dengan kandungan vitamin C-nya yang dapat meningkatkan produksi kolagen, memperbaiki tekstur kulit, dan memberikan efek pencerahan yang alami.

11. Menutrisi Wajah

Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam mugwort membuatnya sangat baik untuk memberikan nutrisi pada kulit. Dengan sifat melembapkan dan kemampuannya meredakan kemerahan, mugwort membantu kulit terlihat lebih sehat.

Selain manfaat utama yang disebutkan di atas, mugwort juga dikaitkan dengan sejumlah manfaat tambahan yang mencakup masalah pencernaan, gangguan tidur, kesehatan hati, penurunan tekanan darah, dan bahkan diyakini memiliki efek antitumor. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa manfaat-manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan validitasnya secara ilmiah.

Sebelum memulai penggunaan mugwort atau produk berbasis mugwort, bijaksanalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Ini menjadi sangat penting jika seseorang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau mengonsumsi obat-obatan lain.

Demikianlah ulasan tentang manfaat mugwort untuk kesehatan dan kulit wajah, semoga informasi yang disampiakan ini dapat berguna ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Pandey, J., Bhusal, S., Nepali, L., Khatri, M., Ramdam, R., Barakoti, H., … & Bhandari, R. (2021). Anti-inflammatory activity of Artemisia vulgaris leaves, originating from three different altitudes of Nepal. The Scientific World Journal2021.
  2. Ekiert, H., Pajor, J., Klin, P., Rzepiela, A., Ślesak, H., & Szopa, A. (2020). Significance of Artemisia vulgaris L.(Common Mugwort) in the history of medicine and its possible contemporary applications substantiated by phytochemical and pharmacological studies. Molecules25(19), 4415.
  3. Pannacci, E., Masi, M., Farneselli, M., & Tei, F. (2020). Evaluation of mugwort (Artemisia vulgaris L.) aqueous extract as a potential bioherbicide to control Amaranthus retroflexus L. in maize. Agriculture10(12), 642.
  4. Malik, S., de Mesquita, L. S. S., Silva, C. R., de Mesquita, J. W. C., de Sá Rocha, E., Bose, J., … & Costa-Júnior, L. M. (2019). Chemical profile and biological activities of essential oil from Artemisia vulgaris L. cultivated in Brazil. Pharmaceuticals12(2), 49.
  5. Asghari, G., Jalali, M., & Sadoughi, E. (2012). Antimicrobial activity and chemical composition of essential oil from the seeds of Artemisia aucheri Boiss. Jundishapur journal of natural pharmaceutical products7(1), 11.
  6. Hirano, A., Goto, M., Mitsui, T., Hashimoto-Hachiya, A., Tsuji, G., & Furue, M. (2017). Antioxidant Artemisia princeps extract enhances the expression of filaggrin and loricrin via the AHR/OVOL1 pathway. International journal of molecular sciences18(9), 1948.
  7. Hashimoto-Hachiya, A., Tsuji, G., Murai, M., Yan, X., & Furue, M. (2018). Upregulation of FLG, LOR, and IVL expression by Rhodiola crenulata root extract via aryl hydrocarbon receptor: Differential involvement of OVOL1. International journal of molecular sciences19(6), 1654.
  8. De Vos, G., Kravvariti, E., Collins, J., Tavdy, A., Nazari, R., Hudes, G., & Rosenstreich, D. (2012). Increased allergic sensitization to mugwort in chronic urticaria. Dermatology225(2), 141-146.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.