cara website terindex google
OJS

8 Cara Website Terindex Google: Jangan Lewatkan Tips Ini

Cara website terindex Google – Tiap pemilik situs pasti berharap situsnya diindeks oleh Google dengan segera. Semakin cepat proses indeksasi dilakukan, semakin cepat situs tersebut muncul dalam hasil pencarian di halaman SERP.

Tetapi, ada kalanya pemilik situs masih belum memahami cara Google mengindeks situs web dan langkah-langkah untuk mempercepat proses ini. Itulah mengapa penting untuk membaca artikel ini agar kamu dapat meningkatkan kecepatan indeksasi situs webmu dan memungkinkan pengguna menemukan situsmu dalam hasil pencarian dengan lebih cepat. Mari langsung kita simak!

Apa itu Google Index?

Google Index merupakan basis data yang dimiliki oleh Google yang memuat berbagai informasi dan halaman dari suatu situs web. Dengan basis data ini, Google dapat menampilkan berbagai hasil pencarian kepada para pengguna.

Informasi dan halaman-halaman situs web ini diperoleh oleh Google melalui proses crawling dan indexing. Proses crawling adalah ketika Google “menemukan” berbagai halaman situs web, sementara indexing adalah ketika setiap halaman situs web “disimpan” dalam basis data untuk kemunculan dalam hasil pencarian.

Untuk memeriksa apakah situs web telah dimasukkan ke dalam Google Index, Anda dapat melakukan pencarian dengan mengetikkan “site:domainwebsite.com”.

Baca juga: Tips Menghindari Plagiat Dalam Artikel Ilmiah

Cara Website Terindex Google: Jangan Lewatkan Tips Ini

Berikut langkah-langkah cara website terindex google yang dapat Anda lakukan.

Tambahkan Situs Web Anda ke Google Search Console

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan situs web Anda ke Google Search Console. Google Search Console adalah alat dari Google yang digunakan untuk memantau kinerja situs web.

Dengan alat ini, Anda dapat mengidentifikasi halaman yang paling populer (paling banyak dikunjungi oleh pengunjung), mengetahui kata kunci yang populer untuk bisnis Anda, atau mengevaluasi konten yang ada di situs web.

Salah satu fungsi yang paling penting dari Google Search Console dalam proses indeksasi adalah bahwa Anda dapat melihat seberapa sering Google melakukan crawling terhadap situs web Anda dan juga melihat kesalahan indeksasi yang dapat mempengaruhi peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian.

Baca juga: Cara Menulis Artikel Pilar Yang Abadi

Perbaiki Kesalahan Indeksasi

Seperti yang telah dijelaskan dalam langkah pertama (Menambahkan Situs Web Anda ke Google Search Console), Anda dapat melihat kesalahan indeksasi melalui Google Search Console yang dapat mempengaruhi peringkat situs web Anda.

Setelah mengetahui adanya kesalahan di situs web Anda, Anda perlu memperbaikinya. Berikut adalah beberapa jenis kesalahan yang sering ditemui:

  • Kesalahan 404: Terjadi ketika Google melakukan crawling dan menemukan halaman yang menghasilkan kode 404 (halaman tidak ditemukan).
  • Kesalahan Soft 404: Terjadi ketika Google menemukan halaman dengan status 404 tetapi memberikan kode 200 (sukses) kepada peramban.
  • Kesalahan Server: Menunjukkan bahwa server mengalami time out dan tidak dapat memberikan respons.
  • Tidak Diikuti: Terjadi ketika Google tidak dapat memahami tipe konten seperti iframe, flash, atau JavaScript pada situs web.

Untuk mengatasi masalah ini, langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Kesalahan 404: Periksa URL, segarkan halaman, hapus cache dan riwayat peramban.
  • Kesalahan Server: Gunakan “Fetch as Google” untuk memastikan apakah halaman tersebut memang bermasalah. Jika Fetch as Google menunjukkan halaman berjalan dengan baik, Anda dapat mengabaikan pesan kesalahan.
  • Tidak Diikuti: Periksa tipe konten tersebut dan pastikan Google dapat merayapkannya.

Baca juga: Tutorial Mengganti Font Default di OJS 3

Buat Peta Situs XML dan HTML

Buat Peta Situs XML dan HTML

Untuk memudahkan Google memahami isi situs web Anda, Anda perlu membuat peta situs XML. Sitemap XML adalah daftar halaman situs web yang ditujukan untuk mesin pencari agar situs web lebih mudah ditemukan.

Sitemap HTML, di sisi lain, adalah daftar halaman situs web yang ditujukan untuk pengunjung situs web Anda. Untuk membuat peta situs, Anda dapat mendaftarkan peta situs Anda di Google Search Console. Caranya adalah:

  • Masuk ke beranda Google Search Console.
  • Pilih menu “Peta Situs” (“Sitemaps”).
  • Tambahkan berkas “sitemaps.xml” dan klik tombol “Kirim” (“Submit”).
  • Jika berhasil, status “Berhasil” (“Success”) akan muncul pada daftar peta situs. Jika belum berhasil, Anda dapat menunggu sampai berhasil.

Buat Berkas Robots.txt

Berkas robots.txt adalah berkas yang memberitahu mesin pencari halaman-halaman yang perlu diindeks atau tidak perlu diindeks.

Misalnya, halaman dengan konten duplikat sebaiknya tidak diindeks oleh Google karena dapat menyebabkan penghapusan situs web dari indeks.

Baca juga: Menambahkan Sumber Referensi Ke Zotero Dengan 5 Cara

Perbarui Konten

Meskipun situs web Anda belum diindeks oleh Google, bukan berarti Anda tidak dapat mempublikasikan konten. Dengan rutin memperbarui dan menerbitkan konten, Anda dapat membantu proses indeksasi oleh Google.

Namun, penting untuk memastikan bahwa konten yang Anda publikasikan berkualitas sehingga Google sering melakukan crawling pada situs web Anda. Konten tersebut harus sesuai dengan niche situs web Anda dan memberikan informasi yang terkini dan bermanfaat bagi pengunjung.

Buat Kategori Konten

Jika Anda memiliki banyak konten di situs web Anda, disarankan untuk membuat kategori konten. Kategori ini membantu pengunjung menemukan konten dengan mudah dan memudahkan Google dalam merayapi situs web Anda dengan lebih efisien.

Tingkatkan Tautan Internal

Tautan internal adalah tautan yang menghubungkan halaman ke halaman lain di dalam situs web yang sama. Tautan ini membantu Google memahami hubungan antar halaman di situs web Anda.

Perhatikan juga teks jangkar (anchor text) yang digunakan dalam tautan internal, pastikan itu memberikan nilai bagi pembaca. Perbanyak tautan internal, tetapi pastikan mereka relevan dan tidak terlihat seperti “spam” oleh Google.

Baca juga: Cara Memparafrase Teks Menggunakan Elicit.org

Dapatkan Tautan Balik Berkualitas

Tautan balik merupakan unsur penting dalam proses indeksasi, karena Google menemukan halaman situs web melalui tautan balik tersebut. Oleh karena itu, dengan memperoleh banyak tautan balik berkualitas dari berbagai situs web, maka Google akan lebih mudah menemukan situsmu.

Berikut adalah tips untuk memperoleh tautan balik berkualitas:

  • Hadirkan Konten Berkualitas.
  • Pelajari strategi tautan balik pesaing menggunakan alat seperti Open Site Explorer, Ahrefs, Majestic SEO, OpenLinkProfiler, atau SEO Spy Glass.
  • Manfaatkan direktori situs web.
  • Buat konten yang menarik tautan balik.
  • Ikuti forum diskusi berbagai topik untuk memperkenalkan situs webmu kepada banyak orang.

Baca juga: Cara Cek DA PA dan Faktor yang Mempengaruhinya

Kesimpulan

Dalam rangka meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari, penting untuk memahami konsep Google Index dan proses indeksasi. Melalui langkah-langkah seperti menambahkan situs ke Google Search Console, memperbaiki kesalahan indeksasi, membuat sitemap, dan merancang konten berkualitas, situs web dapat lebih cepat diindeks oleh Google. Selain itu, perolehan tautan balik berkualitas dan partisipasi aktif dalam forum diskusi juga menjadi strategi penting dalam meningkatkan eksposur dan popularitas situs. Dengan mengimplementasikan langkah-langkah ini, pemilik situs memiliki peluang lebih besar untuk muncul dalam hasil pencarian dan menjangkau lebih banyak pengguna.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.