Cara Setor Tunai di ATM BNI
Teknologi

2 Cara Setor Tunai di ATM BNI dengan atau Tanpa Kartu

Bank Negara Indonesia (BNI) telah menjadi salah satu bank terkemuka di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan perbankan modern kepada nasabahnya. Salah satu layanan yang sangat bermanfaat adalah kemampuan untuk melakukan setoran tunai melalui mesin ATM BNI. Ini adalah fitur yang sangat berguna bagi siapa pun yang perlu menyetorkan uang tunai ke dalam rekening bank mereka tanpa harus datang langsung ke kantor cabang.

Mengapa Setor Tunai di ATM BNI Penting

Sebelum kita membahas langkah-langkah tentang cara setor tunai di ATM BNI, mari kita bahas mengapa layanan ini begitu penting. Setor tunai melalui mesin ATM memberikan banyak keuntungan bagi nasabah BNI:

  • Dengan ATM BNI, Anda tidak perlu pergi ke kantor cabang bank, yang mungkin jauh dari tempat tinggal atau kantor Anda. Ini memberi Anda kemudahan akses ke layanan perbankan.
  • Dapat melakukan setoran tunai kapan saja, bahkan di luar jam kerja bank. ATM BNI beroperasi selama 24 jam, sehingga tidak perlu khawatir tentang batasan waktu.
  • Mesin ATM dirancang untuk penggunaan yang mudah. Anda tidak perlu menjadi seorang ahli perbankan untuk menggunakan layanan ini.
  • Dengan setor tunai di ATM, mengurangi tekanan pada teller di kantor cabang, yang mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mengantri.
  • Uang yang disetorkan melalui ATM akan langsung dikreditkan ke rekening. Ini berarti tidak perlu menunggu berhari-hari untuk melihat uang masuk ke rekening.
  • Selain setor tunai, juga dapat menggunakan ATM untuk penarikan tunai, menjadikannya alat yang sangat serbaguna.

Dengan keuntungan-keuntungan ini, setor tunai merupakan pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan perbankan. Namun, untuk memanfaatkan layanan ini dengan baik, perlu memahami langkah-langkahnya dengan benar.

Persiapan Sebelum Melakukan Setor Tunai

Melangsir dari halaman resmi BNI, sebelum pergi ke mesin ATM untuk melakukan setor tunai, ada beberapa persiapan yang perlu di lakukan:

  • Pastikan uang yang akan disetorkan tidak rusak, basah, terlipat, atau tergulung. Mesin ATM cenderung menolak uang dalam kondisi buruk.
  • Pastikan bahwa uang yang akan disetorkan adalah pecahan Rp 100.000 atau Rp 50.000, sesuai dengan persyaratan BNI.

Dengan persiapan ini, akan memastikan bahwa setoran tunai berjalan lancar tanpa hambatan. Sekarang, mari kita masuk ke langkah-langkah konkret tentang cara melakukan setor tunai di ATM BNI.

Baca juga: Apa itu Phising?: Jenis, Ciri, dan Cara Melindungi

Cara Setor Tunai di ATM BNI

Ada 2 cara setor tunai dengan kartu atau tanpa kartu ATM.

Cara Setor Tunai di ATM BNI dengan Kartu

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda melakukan setor tunai di ATM BNI dengan mudah:

  1. Langkah pertama adalah mencari mesin ATM BNI terdekat yang mendukung layanan setor tunai. Mesin ATM ini biasanya terletak di kantor cabang bank, pusat perbelanjaan, atau lokasi lain yang mudah diakses.
  2. Setelah sampai di mesin ATM, masukkan kartu debit BNI Anda ke dalam slot yang sesuai.
  3. Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang diinginkan untuk transaksi. ATM BNI mendukung bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  4. Selanjutnya, masukkan PIN ATM, yaitu 6 digit kode rahasia yang telah ditentukan saat mendaftar. Pastikan memasukkan PIN dengan benar.
  5. Setelah berhasil login, pilih opsi “Setoran tunai” pada layar mesin ATM. Opsi ini mungkin berbeda tergantung pada jenis mesin ATM yang digunakan, tetapi biasanya, Anda akan menemukannya di menu utama.
  6. Selanjutnya, ATM akan meminta memilih rekening tujuan untuk setoran tunai. Pilih “Rekening Tabungan” atau rekening yang sesuai dengan kebutuhan.
  7. Setelah memilih rekening tujuan, mesin ATM akan membuka tempat untuk setor uang. Masukkan uang yang akan disetorkan ke dalam tempat yang telah disediakan. Pastikan memasukkan uang dengan rapi dan tidak melipatnya.
  8. Setelah selesai memasukkan uang, layar ATM akan menampilkan jumlah uang yang telah dimasukkan. Periksa jumlah ini dan pastikan bahwa ini adalah jumlah yang sesuai dengan setoran.
  9. Jika jumlah uang yang ditampilkan sesuai dengan yang Anda setorkan, pilih opsi “Setor” pada layar mesin ATM.
  10. Setelah menyelesaikan transaksi, mesin ATM akan mencetak struk sebagai bukti transaksi. Jangan lupa untuk mengambil struk ini sebagai rekamannya.
  11. Setelah Anda menerima struk dan yakin bahwa transaksi telah berhasil, keluarkan kartu debit dan tinggalkan mesin ATM.

Dengan langkah-langkah ini, Anda telah berhasil melakukan setor tunai di ATM dengan kartu debit.

Cara Setor Tunai di ATM BNI Tanpa Kartu

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk melakukan setor tunai di ATM tanpa kartu:

  1. Datang ke mesin ATM BNI setor tunai terdekat.
  2. Buka aplikasi BNI Mobile Banking.
  3. Masuk dengan menggunakan user ID dan password, atau pilihan lainnya adalah pemindaian jari (fingerprint) untuk otentikasi.
  4. Pilih menu “Mobile Tunai” di dalam aplikasi.
  5. Selanjutnya, pilih opsi “Setor Tunai” dari menu tersebut.
  6. Klik “Lanjut” untuk melanjutkan proses setor tunai.
  7. Pilih “Rekening Sumber Dana” yang akan digunakan sebagai sumber dana untuk setoran tunai.
  8. Tentukan apakah setoran ini untuk “Diri Sendiri” atau “Orang Lain.”
  9. Pilih “Lanjut” untuk melanjutkan proses.
  10. Layar akan menampilkan halaman validasi yang memuat informasi tentang nomor rekening tujuan, jenis Layanan Mobile Tunai ATM BNI, tipe layanan (setor tunai), dan nama rekening tujuan.
  11. Masukkan password transaksi yang telah Anda tentukan sebelumnya.
  12. Pilih “Lanjut” untuk melanjutkan proses setor tunai.
  13. Anda akan diberikan 10 digit kode transaksi yang akan digunakan pada mesin ATM.
  14. Pada mesin ATM, tekan menu “Mobile Tunai.”
  15. Pilih opsi “Setor Tunai” pada mesin ATM.
  16. Masukkan 10 digit kode transaksi yang Anda terima dari aplikasi.
  17. Selanjutnya, masukkan jumlah uang yang akan Anda setorkan ke dalam mesin ATM.
  18. Mesin akan memproses setoran dan menampilkan jumlah nominal yang telah dimasukkan.
  19. Pastikan semua data benar sebelum melanjutkan proses.
  20. Setelah proses selesai, Anda akan menerima struk bukti transaksi sebagai rekaman.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah melakukan setor tunai di ATM BNI dengan atau tanpa kartu debit.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.