Khazanah

Berikut ini Niat Puasa Ayyamul Bidh

Niat puasa Puasa Ayyamul Bidh – Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang dilakukan pada hari ke-13 (Senin, 6 Maret 2023), ke-14 (Selasa, 7 Maret 2023), dan ke-15 (Rabu, 8 Maret, 2023) setiap bulan Hijriyah. Puasa ini sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dan dilakukan oleh para sahabatnya. Meskipun puasa Ayyamul Bidh bukan termasuk puasa wajib, namun puasa ini memiliki banyak manfaat dan keutamaan bagi orang yang melakukannya.

Puasa Ayyamul Bidh juga sering disebut sebagai puasa putih, karena pada hari-hari tersebut bulan terlihat lebih terang dan bersih. Selain itu, puasa Ayyamul Bidh juga dianggap sebagai sarana untuk memperbanyak pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalam puasa Ayyamul Bidh, seseorang dianjurkan untuk berpuasa selama tiga hari berturut-turut, namun jika tidak mampu, dapat dilakukan secara bergilir atau satu hari saja. Selain itu, puasa Ayyamul Bidh juga dapat dilakukan dengan niat yang bersifat umum atau spesifik, tergantung pada keinginan dan niat masing-masing orang.

Dalam kesempatan ini, saya akan membahas tentang niat puasa Ayyamul Bidh, termasuk jenis niat, keutamaan, dan panduan pelaksanaannya. Semoga informasi ini dapat membantu kita untuk lebih memahami arti dan makna dari puasa Ayyamul Bidh, serta dapat memotivasi kita untuk lebih giat dalam melaksanakan ibadah di bulan-bulan yang akan datang.

Baca juga: Niat Puasa Nisfu Syaban 2023 Beserta Tata Caranya

Jenis Niat Puasa Ayyamul Bidh

Niat puasa Ayyamul Bidh dapat dilakukan dengan niat yang bersifat umum atau spesifik. Berikut ini adalah contoh niat puasa Ayyamul Bidh:

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى.

Nawaitu Sauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta’ala.

Artinya: Saya berniat puasa sunnah ayyamul bidh karena Allah ta’ala.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ الثَّلَاثَةِ عَشْرَةَ وَالْأَرْبَعَةَ عَشْرَةَ وَالْخَمْسَةَ عَشْرَةَ تَتَابِعًا لِلّٰهِ تَعَالَى.

Nawaitu shawma ayyami al-bidh tiga hari berturut-turut karena Allah ta’ala

Artinya: Saya niat berpuasa Ayyamul Bidh selama tiga hari berturut-turut karena Allah SWT

Atau bisa juga dengan niat yang spesifik, misalnya:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الثَّلَاثَاءِ الثَّالِثَ عَشَرَ مِنْ شَهْرِ الْهِجْرِيِّ لِلّٰهِ تَعَالَى.

Nawaitu shawma ayyami al-bidh hari ke-13 bulan Hijriyah karena Allah ta’ala

Artinya: “Saya niat berpuasa Ayyamul Bidh pada hari ke-13 bulan Hijriyah karena Allah SWT”

Setelah meniatkan puasa Ayyamul Bidh, seseorang diharapkan untuk melaksanakan puasa tersebut dengan penuh keikhlasan dan ketaatan kepada Allah SWT. Selain itu, seseorang juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah lainnya seperti shalat, membaca Al-Quran, dan bersedekah selama melakukan puasa Ayyamul Bidh untuk memperoleh keutamaan dan pahala yang lebih besar.

Sebagai orang Muslim yang taat, tentu tidak ingin melewatkan amalan sunnah puasa Ayyamul Bidh yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW pernah bersabda kepada Abu Dzar:

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ “

Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi, no. 761)

Baca juga: Doa Sholat Dhuha dan Keutamaannya

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Ada banyak keutamaan yang terkait dengan puasa Ayyamul Bidh, di antaranya:

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam. Dengan melaksanakan puasa ini, seseorang akan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan berkah dari-Nya.

Memperbanyak Pahala

Setiap amal baik yang dilakukan oleh seseorang akan mendatangkan pahala yang besar di hadapan Allah SWT. Puasa Ayyamul Bidh termasuk salah satu amal baik yang dapat memperbanyak pahala seseorang.

Membersihkan Diri dari Dosa-Dosa

Dengan berpuasa Ayyamul Bidh, seseorang juga dapat membersihkan dirinya dari dosa-dosa yang telah dilakukan. Puasa ini menjadi sarana untuk memperbaiki diri dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

Menambah Kekuatan Fisik dan Spiritual

Melakukan puasa Ayyamul Bidh juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi seseorang, seperti meningkatkan kekuatan fisik dan daya tahan tubuh. Selain itu, puasa ini juga dapat memberikan manfaat spiritual, seperti meningkatkan kekuatan iman dan ketabahan dalam menghadapi berbagai ujian kehidupan.

Baca juga: Niat Puasa Syawal Enam Hari Beserta Keutamaannya

Meningkatkan Keberkahan Dalam Hidup

Puasa Ayyamul Bidh juga dianggap sebagai salah satu cara untuk mendapatkan keberkahan dalam hidup. Dengan melakukan puasa ini secara rutin, seseorang akan mendapatkan berkah dari Allah SWT dan dihindarkan dari berbagai kesulitan dan musibah.

Itulah beberapa keutamaan puasa Ayyamul Bidh yang dapat dirasakan oleh seseorang yang melaksanakannya dengan ikhlas dan penuh kepatuhan kepada Allah SWT. Semoga kita semua dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Panduan Pelaksanaan Puasa Ayyamul Bidh

Berikut ini adalah beberapa panduan pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh:

Menentukan Hari Puasa

Puasa Ayyamul Bidh dilakukan pada 13, 14, dan 15 setiap bulan Hijriyah. Oleh karena itu, sebelum melaksanakan puasa ini, seseorang perlu mengetahui tanggal tersebut dalam kalender Hijriyah.

Baca juga: Niat Puasa Qadha Ramadhan Karena Haid, dan Sakit

Membuat Niat Puasa

Seperti ibadah lainnya, puasa Ayyamul Bidh juga memerlukan niat yang ikhlas. Sebelum puasa dimulai, seseorang perlu membuat niat secara jelas dan tegas dengan lafal “Nawaitu shawma ayyami al-bidh (jumlah hari) karena Allah ta’ala”.

Menjaga Diri dari Hal-hal yang Membatalkan Puasa

Saat berpuasa Ayyamul Bidh, seseorang harus menjaga diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa, seperti makan, minum, berhubungan seksual, dan sebagainya. Hal ini agar puasa tersebut bisa sah di hadapan Allah SWT.

Memperbanyak Ibadah dan Amal Sholeh

Selain puasa, seseorang juga dapat memperbanyak ibadah dan amal sholeh lainnya, seperti shalat sunnah, membaca Al-Quran, berzikir, bersedekah, dan sebagainya. Hal ini dapat memperbanyak pahala yang didapat selama berpuasa Ayyamul Bidh.

Baca juga: Politik Etis Adalah: Program, dan Tokoh Yang Terlibat

Menghindari Perilaku Negatif

Selama berpuasa Ayyamul Bidh, seseorang juga harus menghindari perilaku negatif, seperti berkata-kata kasar, berbohong, dan melakukan tindakan yang merugikan orang lain. Sebaliknya, seseorang harus memperbanyak perilaku positif dan meningkatkan kebaikan dalam hidupnya.

Makan Sahur

Sama seperti puasa lainnya, makan sahur sangat dianjurkan saat berpuasa Ayyamul Bidh. Makan sahur akan membantu seseorang untuk tetap kuat dan bertenaga selama berpuasa seharian.

Itulah beberapa panduan pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh. Semoga kita semua dapat melaksanakan puasa ini dengan ikhlas dan penuh kepatuhan kepada Allah SWT.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.