Manfaat Rambut Jagung
Gaya Hidup

9 Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan

Manfaat rambut jagung bukanlah barang baru dalam dunia pengobatan tradisional. Sudah sejak berabad-abad lalu, rambut jagung digunakan dalam pengobatan tradisional China dan oleh penduduk asli Amerika. Kaya akan senyawa antioksidan, rambut jagung telah diakui sebagai obat herbal yang efektif untuk berbagai kondisi kesehatan.

Selain serat mirip benang yang memberikan tekstur uniknya, rambut jagung mengandung senyawa-senyawa seperti tanin, allantoin, saponin, dan fitosterol. Tidak hanya itu, rambut jagung juga mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin E, dan vitamin K.

Manfaat Rambu Jagung untuk Kesehatan

Manfaat Rambut Jagung
Sumber Gambar: Freepik

Berikut ragam manfaat rambut jagung untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Rambut jagung memiliki potensi sebagai pengobatan efektif untuk tekanan darah tinggi. Dalam penelitian selama 8 minggu, 40 orang dengan tekanan darah tinggi diberikan suplemen rambut jagung. Hasilnya menunjukkan penurunan signifikan dalam tekanan darah dibandingkan dengan kelompok kontrol. Ini menunjukkan bahwa rambut jagung dapat menjadi alternatif alami untuk diuretik yang umumnya digunakan untuk menurunkan tekanan darah.

2. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Menurut hasil riset, ekstrak rambut jagung dapat bertindak sebagai diuretik yang kuat. Ini artinya, rambut jagung dapat meningkatkan produksi urin, membantu mencegah penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK) dan infeksi kandung kemih. Ekstrak rambut jagung dapat meredakan peradangan, mengurangi rasa sakit akibat ISK atau infeksi kandung kemih.

3. Perlindungan Terhadap Glaukoma

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi yang mengonsumsi rambut jagung memiliki risiko lebih rendah terkena glaukoma. Ini berarti, selain melindungi kesehatan jantung, rambut jagung juga bisa memberikan perlindungan terhadap glaukoma dan menjaga kualitas penglihatan kita tetap tajam.

4. Melawan Peradangan

Pigmen tumbuhan atau flavonoid yang memberi warna pada rambut jagung ternyata memiliki kekuatan antioksidan setara dengan vitamin C. Antioksidan ini membantu melawan peradangan, melindungi tubuh dari efek penuaan, serta mencegah penyakit serius seperti kanker dan diabetes.

5. Manfaat Antioksidan

Stres oksidatif dapat menjadi akar sejumlah penyakit medis dalam tubuh manusia. Rambut jagung, kaya akan senyawa antioksidan flavonoid, dapat menjadi pertahanan utama melawan stres oksidatif dan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini dapat membantu melawan kondisi peradangan, kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

6. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Riset menunjukan, flavonoid dalam rambut jagung dapat menjadi sekutu terbaik dalam menjaga kesehatan jantung. Senyawa ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sambil menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Rambut jagung membantu mencegah pembentukan plak di dalam arteri, mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

7. Meredakan Tekanan pada Mata

Penelitian menunjukkan bahwa tekanan intraokular dapat berkurang pada pasien hipertensi yang mengonsumsi ekstrak rambut jagung. Kandungan diuretik dalam rambut jagung dapat membantu mengurangi tekanan pada mata, memberikan manfaat khusus bagi mereka yang memiliki masalah tekanan intraokular tinggi.

8. Mengatasi Diabetes

Menurut beberapa riset, rambut jagung dapat membantu menurunkan gula darah dan membantu mengatasi gejala diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam rambut jagung dapat mencegah penyakit ginjal yang seringkali terkait dengan diabetes. Ekstrak rambut jagung dapat memperlambat penyerapan makanan bertepung oleh tubuh, membantu mencegah lonjakan gula darah.

9. Menyegarkan dan Menyehatkan

Selain manfaat kesehatan yang konkret, teh rambut jagung juga menawarkan kelezatan dan kesegaran. Dengan menambahkan madu sebagai pemanis alami, kita dapat menikmati secangkir teh yang tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga memanjakan lidah.

Cara Membuat Teh Rambut Jagung

Sekarang, mari kita beralih ke bagian praktis dari petualangan kita, cara membuat teh rambut jagung. Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang dapat di ikuti untuk menciptakan minuman ajaib ini di dapur kita sendiri.

Persiapan Bahan:

  • 1 genggam rambut jagung
  • 300 ml air
  • Madu secukupnya (opsional)

Langkah-langkah Membuat Teh Rambut Jagung:

  1. Rebus 300 ml air hingga mendidih.
  2. Masukkan rambut jagung ke dalam gelas dan tuangkan air mendidih ke dalamnya. Biarkan meresap selama beberapa menit.
  3. Setelah air menguning dan aroma rambut jagung keluar, tiriskan rambut jagung.
  4. Teh rambut jagung siap diminum. Jika diinginkan, tambahkan madu sebagai pemanis alami.
  5. Minumlah teh rambut jagung selagi hangat untuk menikmati manfaat kesehatannya.

Teh rambut jagung dapat menjadi pilihan minuman sehat dan menyegarkan untuk mendukung kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan sebelum menambahkan atau mengubah kebiasaan konsumsi makanan/minuman, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu. Semoga informasi tentang manfaat rambut jagung untuk kesehatan ini dapat bermanfaat.

Referensi

  1. Fougère, L., Zubrzycki, S., Elfakir, C., & Destandau, E. (2023). Characterization of Corn Silk Extract Using HPLC/HRMS/MS Analyses and Bioinformatic Data Processing. Plants12(4), 721.
  2. Singh, J., Inbaraj, B. S., Kaur, S., Rasane, P., & Nanda, V. (2022). Phytochemical analysis and characterization of corn silk (Zea mays, G5417). Agronomy12(4), 777.
  3. Wang, Y., Liu, Q., Fan, S., Yang, X., Ming, L., Wang, H., & Liu, J. (2019). Rapid analysis and characterization of multiple constituents of corn silk aqueous extract using ultra‐high‐performance liquid chromatography combined with quadrupole time‐of‐flight mass spectrometry. Journal of separation science42(19), 3054-3066.
  4. Nurraihana, H., Wan Rosli, W. I., Sabreena, S., & Norfarizan-Hanoon, N. A. (2018). Optimisation extraction procedure and identification of phenolic compounds from fractional extract of corn silk (Zea mays hair) using LC-TOF/MS system. Journal of Food Measurement and Characterization12, 1852-1862.
  5. Begum, J. MedicineNet. 7 Benefits of Corn Silk and How to Use It. Diakses pada 2023.
  6. Cleveland Clinic. Can You Eat Corn Silk? 4 Health Benefits of Corn Silk. Diakses pada 2023.
  7. Hill, A. Healthline. What is Corn Silk, and Does it Have Benefits?. Diakses pada 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.