Cara Mengusir Kecoa
Lingkungan

20 Cara Mengusir Kecoa dari Rumah dengan Ampuh

Cara Mengusir Kecoa – Kecoa adalah serangga yang terutama aktif di malam hari dan sering berkeliaran di dapur, kamar mandi, dan area yang lembap. Mereka mencari makanan dan tempat berlindung di rumah Anda.

Namun, kecoa bukan hanya masalah karena mereka mencari makanan. Mereka juga membawa bakteri yang dapat mengkontaminasi makanan dan permukaan di rumah. Kecoa dapat membawa bakteri seperti salmonella, staphylococcus, dan streptococcus, yang dapat menyebabkan penyakit seperti disentri, diare, kolera, dan demam tifoid. Oleh karena itu, penting untuk mengusir kecoa dari rumah agar menjaga kesehatan keluarga.

Sekarang, mari kita beralih ke bagian yang paling penting, cara mengusir kecoa dari rumah dengan ampuh.

Cara Mengusir Kecoa dari Rumah dengan Ampuh

Ada banyak cara untuk mengusir kecoa dari rumah, dan banyak di antaranya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Berikut adalah beberapa cara yang efektif:

Daun Salam

Daun salam, yang biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap dalam masakan, terutama di negara-negara Asia Tenggara, baik untuk masakan daging, ikan, sayuran, maupun nasi, ternyata memiliki manfaat tambahan sebagai pengusir kecoa, Daun salam telah dikenal sebagai salah satu solusi efektif untuk mengatasi kecoa di dalam rumah. Aplikasi daun salam ini akan membuat kecoa yang ada di lingkungan Anda menjadi gelisah dan berusaha untuk menjauh.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengusir kecoa dengan menggunakan daun salam adalah dengan menghancurkan sedikit daun tersebut dan menempatkannya di dekat sudut-sudut dan celah-celah tempat kecoa sering bersembunyi. Alternatif lainnya adalah dengan menaruh sejumlah daun salam di bagian bawah tong sampah sebagai tindakan preventif untuk menjauhkan kecoa dari tempat tersebut.

Soda Kue

Salah satu metode efektif untuk mengusir kecoa adalah dengan menggunakan soda kue atau baking soda. Prosesnya dimulai dengan cara mengiris tipis bawang bombay, lalu menyebarkan soda kue di atasnya.

Selanjutnya, letakkan bawang bombay yang telah ditaburi soda kue di atas sepiring. Ketika kecoa mengonsumsi bawang bombay tersebut, mereka akan menelan gas yang terkandung dalam soda kue, akhirnya menyebabkan kematian kecoa. Metode ini terbukti sebagai cara yang sangat efisien untuk mengurangi jumlah kecoa di sekitar area yang terkena dampak, dan dapat dianggap sebagai langkah paling ampuh dalam upaya membasmi kecoa.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus dalam Islam untuk Menjaga Kesehatan

Bawang Putih

Salah satu cara lainnya untuk mengusir kecoa adalah dengan menggunakan bawang putih. Kecoa sebenarnya tidak menyukai bau yang kuat dari bawang putih.

Caranya cukup mudah, ambil beberapa siung bawang putih, kemudian hancurkan dan taburkan di daerah yang sering dihuni oleh kecoa. Dengan demikian, aroma bawang putih akan membuat kecoa menjauh dari area tersebut.

Kopi

Ternyata, kecoa juga tidak menyukai aroma asam yang terkandung dalam ampas kopi. Jadi, setelah Anda selesai dengan secangkir kopi, jangan terburu-buru untuk membuang ampasnya.

Sebaliknya mengeringkannya terlebih dahulu, kemudian menyebarkannya di area di mana kecoa sering muncul. Selain menggunakan ampas kopi, Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan bubuk kopi yang masih segar dan belum diseduh.

Metode ini efektif untuk mengusir kecoa dan dapat diterapkan di dalam kamar tidur tanpa mengganggu kenyamanan tidur. Selain itu, dapat menggunakan pendekatan ini untuk menghilangkan kecoa dari dalam kendaraan, seperti mobil.

Boraks

Campuran boraks dan gula dapat menjadi cara yang efektif untuk membunuh kecoa tanpa perlu menyentuh mereka, hanya perlu mencampur boraks dan gula, lalu menaruh campuran tersebut di daerah di mana kecoa sering muncul. Saat kecoa mengonsumsi campuran boraks dan gula, mereka akan mengalami dehidrasi dan mati dengan cepat.

Minyak Aromaterapi

Metode berikutnya untuk mengusir kecoa adalah dengan memanfaatkan minyak aromaterapi, terutama yang memiliki aroma peppermint. Aroma ini umumnya dikenal sebagai aroma yang menenangkan bagi manusia, tetapi ternyata tidak disukai oleh kecoa.

Anda dapat mengaplikasikan minyak aromaterapi ini sebagai cara alami untuk mengusir kecoa, khususnya di dalam kamar tidur Anda. Pendekatan ini tidak akan mengganggu sirkulasi udara saat tidur.

Caranya adalah dengan menggunakan humidifier atau dengan menyemprotkan campuran air dan minyak aromaterapi ke sudut-sudut di mana kecoa sering muncul.

Jeruk

Ternyata, kecoa juga tidak menyukai aroma jeruk, sehingga Anda dapat memanfaatkan jeruk sebagai cara untuk menghilangkan kecoa di rumah. Caranya, cukup meneteskan beberapa tetes minyak jeruk ke dalam air yang digunakan untuk membersihkan lantai. Meskipun aromanya tidak akan terlalu mencolok bagi manusia, tetapi dapat membuat kecoa menjauh.

Timun

Mungkin tak terduga, mentimun ternyata bisa menjadi metode yang efektif untuk mengusir kecoa di dalam rumah. Ternyata, kecoa tidak menghargai aroma yang dihasilkan oleh mentimun.

Ini adalah salah satu cara yang sangat sederhana untuk mengusir kecoa dari rumah. Anda hanya perlu mengiris mentimun dan menempatkannya dalam wadah seperti mangkuk. Selain itu, menempatkan wadah yang berisi potongan mentimun ini di daerah yang sering dijadikan sarang oleh kecoa adalah langkah yang efektif.

Tindakan ini juga dapat efektif ketika diterapkan di jalur masuk rumah, menghalangi kecoa agar tidak masuk ke dalam rumah.

Baca juga: 7 Cara Mengusir Tikus di Plafon dan Mobil

Daun Catnip

Kecoa tidak menyukai aroma yang dihasilkan oleh daun catnip. Catnip adalah jenis tanaman mint yang memiliki potensi sebagai agen bioinsektisida untuk membantu membasmi serangga, termasuk kecoa.

Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa nepatalactone yang terdapat dalam daun catnip, yang memiliki sifat racun terhadap kecoa. Cara mengusir kecoa dengan menggunakan catnip adalah dengan merebus daun catnip dalam air. Setelah itu, Anda dapat menyemprotkan air rebusan catnip ke area di mana kecoa sering muncul.

Kayu Manis

Anda juga dapat mengusir kecoa di rumah dengan menggunakan kayu manis. Caranya adalah dengan menaburkan bubuk kayu manis di area di mana kecoa sering muncul. Kecoa sebenarnya tidak menyukai aroma yang dihasilkan oleh kayu manis, sehingga mereka akan pergi menjauh dari daerah tersebut.

Cuka

Jika memiliki kecoa di kamar mandi, dapat menggunakan campuran air dan cuka, lalu menyiramkan campuran tersebut ke saluran pembuangan air di kamar mandi. Pastikan juga untuk menyiram ke sudut-sudut kamar mandi agar kecoa tidak memiliki tempat bersembunyi.

Kapur Barus

Kapur barus merupakan salah satu metode yang efektif untuk mengusir kecoa. Anda dapat menaburkan kapur barus di sudut-sudut ruangan. Ini adalah salah satu cara yang sangat mudah untuk mengusir kecoa di dalam rumah. Kecoa sebenarnya tidak menyukai aroma yang dihasilkan oleh kapur barus, sehingga hal ini akan mendorong mereka untuk menjauh dan tidak kembali lagi.

Namun, perlu diingat, pastikan untuk tidak menaruh kapur barus di dekat makanan atau lemari makanan, karena bahan ini bukanlah bahan yang aman untuk dikonsumsi.

Lemon

Mungkin sudah umum diketahui bahwa buah lemon merupakan sumber utama vitamin C. Selain vitamin C, buah lemon juga mengandung zat antipathogenic yang mampu mengusir kecoa dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang menjadi habitatnya.

Anda dapat mengusir kecoa di dalam rumah dengan menggunakan lemon dengan cara menyemprotkan air perasan lemon pada area-area di rumah yang sering dihuni oleh kecoa. Ini adalah langkah yang sangat baik untuk menjaga kebersihan rumah Anda dan mencegah kecoa datang kembali.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus Got dari Rumah dan Halaman Rumah

Membersihkan Rumah

Salah satu cara terbaik untuk mengusir kecoa dari rumah adalah dengan menjaga rumah tetap bersih. Kecoa suka bersarang di tempat yang kotor, sempit, gelap, dan lembap. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan seluruh bagian rumah, terutama area kamar mandi, dapur, lemari penyimpanan alat masak, dan lemari penyimpanan bahan makanan.

Menutup Saluran Air

Untuk mengusir kecoa di dalam rumah, dengan mengatasi kebocoran pada saluran air. Kecoa memiliki kemampuan untuk bertahan hidup selama satu bulan tanpa makanan, tetapi mereka tidak dapat bertahan hidup lebih dari satu minggu tanpa air.

Karena itu, tidak mengherankan jika kecoa sering menghuni tempat-tempat yang lembap dan basah, seperti di bawah wastafel atau dalam saluran air. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa dan memperbaiki setiap kebocoran pada saluran air di rumah, termasuk pipa wastafel di kamar mandi, dapur, atau pipa keran di kamar mandi. Dengan cara ini, dapat mengurangi kemungkinan kecoa untuk bertahan hidup di lingkungan yang lembap.

Membersihkan Tempat Makan

Terkadang, kecoa memasuki rumah untuk mencari makanan. Makanan yang tertumpah di meja atau lantai dapat menjadi daya tarik bagi kecoa untuk masuk ke dalam rumah.

Jika ada sisa-sisa makanan yang tumpah, segera bersihkan makanan tersebut. Ini adalah salah satu cara yang mudah dilakukan untuk mengusir kecoa dari rumah. Selain itu, membersihkan gelas, mangkuk, genangan pot, spons yang basah, dan juga handuk adalah hal yang penting karena kecoa sering mencari makanan di tempat-tempat tersebut.

Baca juga: 15 Cara Mengusir Tikus dari Lingkungan Rumah

Menyingkirkan Barang

Jika Anda memiliki barang-barang yang tidak digunakan, disarankan untuk membuang atau menjauhkan barang-barang tersebut. Ini adalah salah satu cara yang mudah untuk mengusir kecoa dari rumah.

Hal ini terutama penting jika memiliki tumpukan kayu bekas dari bangunan. Hal ini karena kecoa cenderung bersarang di tumpukan kayu, terutama ketika musim hujan. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari menyimpan tumpukan kayu bekas agar mengurangi kemungkinan kecoa berkembang biak di dalamnya.

Sabun Mandi

Anda dapat menggunakan sabun mandi sebagai alternatif untuk mengusir kecoa di dalam rumah. Caranya, buatlah campuran dengan mencampur sabun mandi dengan air biasa, aduk hingga campuran tersebut larut dan menjadi encer. Kemudian, tuangkan campuran ini ke dalam botol semprot. Setelah itu, Anda dapat menyemprotkan ramuan insektisida ini langsung ke sarang kecoa di dalam rumah.

Detergen

Anda bisa menggunakan campuran air dan sabun untuk membantu mengendalikan populasi kecoa. Metode ini telah terbukti efektif terutama di Jerman untuk mengatasi masalah kecoak dan jangkrik. Untuk menggunakannya, cukup campurkan 4 sendok makan deterjen cair dengan 4 gelas air, lalu semprotkan campuran ini sesuai kebutuhan di area di mana kecoak sering bersembunyi.

Selain itu, hairspray dengan tekstur lengket juga bisa menjadi senjata ampuh melawan kecoa. Semprotkan hairspray langsung ke kecoa ketika melihatnya bergerak. Hairspray akan membuatnya terjebak dan berhenti bergerak. Untuk memastikan kecoa benar-benar tereliminasi, Anda bisa mengikuti semprotan hairspray dengan satu atau dua semprotan air berisi sabun. Hal ini akan membantu menghabisi kecoa dengan lebih efektif.

Baca juga: Cara Mengusir Semut dengan Doa Nabi Sulaiman dan Bahan Alami

Obat Kumur

Salah satu metode untuk mengusir kecoa dari rumah adalah dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur mengandung mentol, yang telah terbukti sebagai salah satu zat yang sangat efektif dalam membunuh kecoak. Dalam penelitian, mentol bahkan menduduki peringkat pertama dalam daftar 86 minyak esensial yang diuji.

Untuk mengaplikasikan obat kumur sebagai cara membasmi kecoa, Anda dapat membuat semprotan dengan mencampur 100 ml obat kumur ke dalam satu galon air, lalu semprotkan campuran ini di sekitar rumah Anda. Teknik ini merupakan salah satu cara yang mudah dipraktikkan untuk mengusir kecoa dari rumah Anda.

Demikianlah cara mengusir kecoa dari rumah berikut tips pencegahannya.

Referensi

  1. Krieger, J., & Higgins, D. L. (2002). Housing and health: time again for public health action. American journal of public health92(5), 758–768. https://doi.org/10.2105/ajph.92.5.758
  2. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-to-know-cockroaches-health
  3. https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/info-sehat/penyakit-yang-dibawa-oleh-kecoa/
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.