tips aman belanja online
Marketing

Hati-hati Belanja Online Menjelang Lebaran: Tips Aman Hindari Penipuan Saat Belanja Online

Tips Aman Belanja Online – Menjelang Lebaran biasanya cenderung terjadi lonjakan aktivitas belanja online. Hampir setiap orang mengalami kenaikan aktivitas belanja menjelang Lebaran. Berbelanja secara online merupakan salah satu aktivitas yang dipilih banyak orang selama liburan Lebaran, meskipun ada juga yang mengisi waktu libur dengan bermain game, misalnya game online di m88.

Berbelanja online memang praktis dan mudah, namun kini resiko penipuan belanja online juga semakin meningkat. Berdasarkan data yang diungkap dalam Asia Scam Report 2023, terdapat fakta yang cukup mengkhawatirkan bahwa lebih dari 50 persen populasi Indonesia pernah menjadi korban penipuan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti SMS (69,8 persen), aplikasi pesan instan (59,6 persen), dan WhatsApp (74,3 persen).

Oleh karena itu, penting untuk selalu waspada saat belanja online untuk menghindari jebakan penipuan yang mungkin mengintai.

Tips Aman Belanja Online Menjelang Lebaran

Inilah beberapa tips aman belanja online untuk menghindari resiko penipuan.

1. Selalu waspada dan ikuti perkembangan informasi

Ada kalanya, seseorang mungkin merasa yakin bahwa mereka telah memahami dan peka terhadap berbagai modus penipuan yang terjadi di dunia maya. Namun, pada kenyataannya, praktik-praktik kejahatan online terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dalam era digital ini.

Oleh karena itu, penting untuk tidak pernah lengah atau mengabaikan risiko penipuan online hanya karena merasa sudah terbiasa beraktivitas di dunia maya. Keberadaan sosial media dan platform-platform perdagangan elektronik memperluas ruang gerak para pelaku kejahatan untuk melakukan tindakan penipuan dengan beragam modus operandi yang semakin canggih.

Sebagai upaya pencegahan, selalu penting untuk mencari informasi secara berkala mengenai risiko penipuan online yang sedang marak terjadi. Pelajari juga cara-cara efektif untuk menghindari jebakan penipuan tersebut.

2. Jangan klik tautan, foto, dokumen, atau video yang tidak dikenal

Pelaku penipuan kerap memanfaatkan berbagai trik untuk menipu calon korban, salah satunya adalah dengan mengirimkan tautan, foto, atau file yang mencurigakan. Mereka berupaya memancing orang untuk mengklik atau mengunduhnya, seringkali dengan menyamarkan diri sebagai pengguna yang terpercaya atau menyertakan penawaran yang menggiurkan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap waspada saat menerima pesan yang mengandung tautan dari nomor yang tidak dikenal melalui aplikasi chatting. Sebaiknya jangan langsung mengklik atau mengunduh tautan tersebut.

Jika kamu sudah terlanjur mengkliknya, segera lakukan reset ponsel ke pengaturan awal untuk memastikan keamanan perangkat. Setelah melakukan reset, kamu juga harus mengubah data di semua akun aplikasi yang di miliki sebagai langkah pencegahan tambahan.

3. Menjaga keamanan password

Walaupun sepertinya merepotkan, mengganti password secara rutin di semua aplikasi yang menyimpan informasi penting adalah langkah pencegahan yang sangat efektif dalam melindungi diri dari berbagai jenis penipuan online yang dapat membahayakan keamanan data.

Selain rutin mengubah password, untuk meningkatkan keamanan data pribadi, sangat penting untuk menghindari penggunaan kombinasi password yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau kata-kata umum lainnya.

Memilih password yang kuat dan unik akan membuat lebih sulit bagi pelaku kejahatan untuk menebak atau mencuri akses ke akun kamu. Sebagai alternatif, pertimbangkan untuk menggunakan gabungan huruf besar dan kecil, angka, dan simbol untuk membuat password kamu semakin kompleks dan sulit ditembus oleh pihak yang tidak berwenang.

4. Jangan menginstal aplikasi dari tautan chat

Hindari menginstal aplikasi yang didapat dari tautan yang diterima melalui layanan chatting. Tindakan ini sangatlah penting untuk memastikan keamanan perangkat kita, terutama ketika muncul peringatan keamanan yang mengindikasikan potensi risiko. Jika peringatan semacam itu muncul, segera hentikan proses pengunduhan aplikasi tersebut.

Itulah beberapa tips aman belanja online untuk menghindari penipuan saat kamu berbelanja menjelang lebaran, semoga bermanfaat ya.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.