Manfaat Kabau
Gaya Hidup

8 Manfaat Kabau untuk Kesehatan

Manfaat Kabau – Kabau, atau dalam bahasa latin dikenal sebagai Archidendron bubalinum, merupakan tanaman yang tumbuh subur di hutan tropis, khususnya di Pulau Sumatera. Tidak hanya identik dengan daerah Sumatera, Kabau juga dikenal dengan sebutan jering antan atau jengkol hutan.Meskipun mungkin tak begitu akrab di telinga semua orang, namun tanaman ini memiliki potensi kesehatan yang luar biasa.

Kabau kaya akan komposisi gizi yang sangat berguna bagi tubuh. Di antaranya adalah energi, protein, karbohidrat, serat, fosfor, kalium, tembaga, β-karoten, tiamina, dan vitamin C.

Manfaat Kabau untuk Kesehatan

Manfaat Kabau
Sumber Gambar: kompas.com

Berikut ragam manfaat kabau untuk kesehatan tubuh kita.

1. Melancarkan Pencernaan

Kabau memiliki kandungan serat yang cukup besar, membuatnya bermanfaat untuk sistem pencernaan. Serat ini tidak hanya membantu melancarkan proses pencernaan, tetapi juga bermanfaat untuk meredakan masalah sembelit atau kesulitan buang air besar.

2. Sumber Fosfor

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kabau mengandung berbagai nutrisi penting, salah satunya adalah fosfor. Dalam setiap 100 gram buah kabau, terdapat sekitar 108 miligram fosfor. Kandungan fosfor ini memiliki peran besar dalam mendukung kesehatan tubuh kita.

3. Membantu Kerja Ginjal

Tanaman kabau ternyata juga memiliki dampak positif pada kesehatan ginjal. Kandungan mineral, terutama fosfor, di dalamnya dapat membantu proses penyaringan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

4. Membantu Kerja Otot

Kabau tidak hanya menguntungkan ginjal, tetapi juga memberikan dukungan penting untuk kesehatan otot. Fosfor dan kalsium yang terdapat dalam buah kabau berperan dalam meningkatkan kinerja otot. Bagi mereka yang aktif berolahraga, informasi ini akan memberikan wawasan tentang bagaimana kabau dapat membantu mengatasi kelelahan otot dan memulihkan tubuh dengan cepat.

5. Membantu Menyembuhkan Diabetes

Manfaat lain dari tanaman kabau adalah potensinya dalam membantu mengatasi penyakit diabetes. Hasil penelitian pada uji tikus putih menunjukan bahwa kandungan nutrisi tertentu dalam buah ini diyakini dapat memberikan kontribusi positif untuk penderita diabetes.

6. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Buah Kabau ternyata juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Nutrisinya mendukung fungsi otot jantung, mengurangi beban kerja, dan mencegah penyakit jantung.

7. Nutrisi Untuk Tulang dan Gigi

Selain fosfor, kabau juga kaya akan kalsium. Kandungan kalsium ini penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bagi mereka yang mungkin memiliki preferensi vegetarian, kabau bisa menjadi sumber nutrisi yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Mata dan Daya Tahan Tubuh

Dengan β-karoten dan vitamin C, Kabau juga memberikan kontribusi pada kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Cara Menikmati Kabau dalam Kuliner Sehari-hari

Setelah mengetahui segudang manfaat Kabau, tentu kita ingin mencoba menikmatinya dalam menu sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara kreatif untuk menambahkan Kabau ke dalam hidangan:

1. Lalapan Segar

Potong Kabau menjadi irisan tipis dan nikmati sebagai lalapan segar, dengan dipadu sambal kecap, rasanya akan semakin menggoyang lidah.

2. Dalam Masakan Sayur

Tambahkan Kabau ke dalam masakan sayur, seperti gulai atau sayur lodeh. Kombinasi rasa yang unik akan memperkaya cita rasa masakan.

3. Sebagai Pelengkap Sambal

Hancurkan Kabau dan campurkan dengan sambal favorit, nikmati kelezatan sambal Kabau yang akan memberikan sensasi pedas dan unik.

4. Tumis Bersama Bumbu Khas

Tumis Kabau dengan bumbu-bumbu khas daerah. Rasakan kelezatan cita rasa lokal yang kental dan berpadu dengan manfaat kesehatan Kabau.

Meskipun efek baunya mungkin menimbulkan sedikit ketidaknyamanan, manfaat yang dapat kita peroleh dari Kabau seakan menghapuskan segala kekurangannya. Oleh karena itu, mari memberikan apresiasi yang lebih kepada tanaman lokal kita, seperti Kabau, yang sering kali terabaikan namun menyimpan beragam kebaikan bagi kesehatan kita. Selamat menikmati kelezatan dan manfaat Kabau, dan semoga informasi ini bermanfaat untuk kita bersama.

Referensi

  1. Fitriani, A., Santoso, U., & Supriyadi, S. (2021). Efek Pengolahan Konvensional Pada Karakteristik Fisik Dan Organoleptik Biji Kabau (Archidendron Bubalinum). Jurnal Teknologi Pertanian22(1), 35-46.
  2. Wahidah, L. K., Suri, N., & Komalasari, R. A. (2018). Pengaruh Ekstrak Biji Kabau (Archidendron buballinum (Jack.) IC Nielsen) Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Mencit Putih Jantan Diabetes Yang Diinduksi Aloksan. Jurnal Farmasi Lampung Vol7(1).
  3. Komariah, D. Keanekaragaman Dan Pemanfaatan Kabau Dan Kerabatkerabatnya (Archidendron Spp.) Di Sumatera (Doctoral dissertation, Bogor Agricutural University (IPB)).
  4. DEWI, S. (2019). KAJIAN FITOKIMIA DAN UJI ANTIOKSIDAN BIJI DAN KULIT KABAU (Archidendron bubalinum (Jack) LC Nielsen) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia).
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.