Cara Mengusir Tokek
Lingkungan

15 Cara Mengusir Tokek dari Rumah secara Alami dan Aman

Cara Mengusir Tokek – Tokek merupakan makhluk menyeramkan yang sering kali muncul di rumah kita tanpa diundang. Keberadaan tokek bisa sangat mengganggu dan bahkan seram jika mereka menggigit kita. Namun, sebelum Anda mencari cara untuk mengusirnya, penting untuk memahami mengapa tokek muncul di rumah Anda. Tokek biasanya datang mencari makanan dan tempat tinggal, sama seperti hewan-hewan lain seperti tikus, lalat, dan semut.

Mengapa Perlu Mengusir Tokek?

Sebelum kita memasuki berbagai cara mengusir tokek, mari kita pahami mengapa Anda perlu mengusir tokek dari rumah Anda. Tokek adalah hewan yang umumnya bersifat malam dan aktif mencari makan di malam hari. Aktivitas mereka termasuk berburu serangga, laba-laba, dan bahkan sesekali kecil-kecilan seperti anak tikus. Namun, kehadiran tokek dalam rumah Anda bisa menyebabkan beberapa masalah yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Suara tokek yang sering kali keras dan berulang-ulang di malam hari bisa mengganggu tidur Anda dan anggota keluarga lainnya.
  • Tokek tidak hanya meninggalkan suara yang mengganggu, tetapi juga kotoran mereka yang bisa mengotori dinding, lantai, dan benda-benda di rumah.
  • Meskipun jarang, tokek juga bisa menjadi pembawa penyakit tertentu seperti salmonella. Oleh karena itu, menjaga rumah bebas dari tokek juga dapat membantu mencegah risiko kesehatan.
  • Kehadiran tokek di rumah juga bisa merusak keharmonisan rumah, terutama jika Anda memiliki anggota keluarga yang sangat terganggu oleh kehadiran mereka.

Baca juga: Cara Membasmi Rayap Kayu secara Alami

Cara Mengusir Tokek dari rumah secara Alami dan Aman

Dengan pengetahuan ini, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengusir tokek dari rumah.

1. Menggunakan Bawang Merah dan Bawang Putih

Cara yang pertama dengan menggunakan bawang merah dan bawang putih. Anda hanya perlu mengiris bawang merah dan bawang putih, lalu letakkan irisan tersebut di sudut ruangan. Tokek tidak menyukai bau yang menyengat dari bawang merah dan bawang putih. Ketika mereka mencium bau ini, mereka akan pergi dari tempat tersebut.

2. Menggunakan Cangkang Telur

Tokek juga tidak suka dengan bau amis dari cangkang telur. Anda dapat memanfaatkan cangkang telur untuk mengusir mereka. Hancurkan cangkang telur dan masukkan ke dalam plastik yang telah dilubangi. Letakkan plastik ini di sudut ruangan. Tokek yang mencium bau amis tersebut akan pergi dari lokasi tersebut.

3. Ampas Kopi

Ampas kopi merupakan cara lain yang efektif untuk mengusir tokek, karena ampas kopi tidak disukai oleh tokek, sehingga Anda dapat menempatkan bubuk kopi di piring kecil dan meletakkannya di daerah yang sering dilewati oleh tokek. Alternatif lain adalah dengan meletakkan biji kopi yang telah dimasukkan ke dalam kain dan menempatkannya di jalur yang sering dilalui oleh tokek.

4. Sebarkan Serbuk Tembakau

Cara yang tak kalah efektif dengan menggunakan serbuk tembakau. Anda hanya perlu menyebarkan serbuk tembakau di tempat-tempat di mana tokek sering muncul. Tokek sangat takut dengan tembakau, dan baunya akan membuat mereka merasa terganggu. Akibatnya, tokek akan menghindari lokasi tersebut dan mencari tempat lain.

5. Sebarkan Lada

Tokek juga tidak suka dengan lada. Anda dapat menyebarkan lada di daerah yang sering dihuni oleh tokek. Lada akan membuat mereka merasa tidak nyaman dengan aromanya. Sebagai alternatif, Anda bisa memasukkan lada ke dalam plastik dan melubanginya. Tempatkan plastik tersebut di daerah yang sering dihuni oleh tokek.

6. Daun Pepaya

Daun pepaya merupakan bahan alami lain yang dapat digunakan untuk mengusir tokek. Aroma dari daun pepaya sangat mengganggu penciuman tokek. Anda dapat menempelkan daun pepaya di dekat dinding atau menghaluskannya dan meletakkannya di piring kecil. Letakkan piring tersebut di daerah yang sering dilewati oleh tokek. Mereka akan pergi karena mereka merasa tidak nyaman dengan bau daun pepaya.

7. Semprotan Nyamuk

Jika ingin menggunakan produk modern yang efektif, dapat mencoba semprotan nyamuk. Semprotan nyamuk membuat tokek merasa tidak nyaman karena baunya, dan bahkan dapat membunuh mereka. Jika Anda hanya ingin mengusir mereka, cukup semprotkan beberapa kali di daerah yang sering dihuni oleh tokek. Mereka akan pergi dari daerah tersebut. Lakukan penyemprotan secara berkala untuk mencegah tokek dan hewan lain seperti kecoa dan nyamuk datang ke tempat tersebut.

8. Sebarkan Kapur Barus

Kapur barus juga bisa digunakan untuk mengusir tokek, serta hama-hama lain seperti kecoa, semut, cicak, dan sebagainya. Caranya sederhana, cukup tempatkan beberapa biji kapur barus di sudut-sudut ruangan dan di bawah perabotan untuk mencegah hewan-hewan lain mendekat. Selain menjaga rumah dari kehadiran cicak, lalat, semut, kecoa, dan tokek, kapur barus juga membantu menjaga tingkat kelembapan ruangan. Akibatnya, ruangan akan menjadi lebih sehat karena pertumbuhan jamur akan ditekan. Tokek dan hewan-hewan lain yang mencium bau kapur barus akan merasa terganggu dan cenderung meninggalkan area tersebut karena bau kapur barus yang sangat tajam.

9. Sebarkan Serbuk Cabai

Serbuk cabai merupakan cara lain untuk mengusir tokek. Serbuk cabai memiliki aroma yang sangat menyengat bagi tokek dan hewan lain seperti semut, kecoa, dan tikus. Anda hanya perlu menaburkan serbuk cabai di jalur yang sering dilewati oleh tokek. Lakukan ini secara berkala sehingga tokek akan menjauh dari tempat tersebut.

10. Semprotan Merica

Metode lain untuk mengusir tokek dari rumah adalah dengan menggunakan semprotan merica. Reaksi iritasi yang dirasakan oleh manusia ketika terkena semprotan merica serupa dengan yang dirasakan oleh tokek.

Campurkan merica dengan air dalam botol semprot, lalu semprotkan larutan ini di berbagai area rumah, seperti di bawah kulkas, di belakang sofa, atau pada dinding. Gunakan semprotan merica di semua tempat yang cenderung menjadi tempat berlindung bagi tokek atau di mana Anda sering melihat kehadiran mereka.

11. Memelihara Kucing

Kucing adalah hewan pemburu yang baik dan bermanfaat. Kucing tidak hanya mencegah datangnya tokek, tetapi juga cicak, tikus, dan kecoa. Memelihara kucing dapat menjadi cara alami untuk menjaga rumah Anda tetap bebas dari hama seperti tokek. Kucing akan membantu mengusir tokek dan hewan-hewan lain yang tidak diinginkan dari lingkungan Anda.

12. Membersihkan Lemari

Tokek sering kali mendiami tempat-tempat tersembunyi, termasuk dalam lemari. Oleh karena itu, penting untuk secara berkala memeriksa dan membersihkan bagian dalam serta belakang lemari. Pastikan bahwa lemari tetap kering dan Anda dapat menambahkan lapisan koran sebagai alasnya untuk menjaga agar lemari tetap bersih, tahan lama, dan bebas dari kehadiran tokek.

13. Dinginkan Ruangan

Tokek, hewan berdarah panas yang memerlukan suhu yang hangat untuk kelangsungan hidupnya. Reptil ini tidak dapat bertahan di lingkungan yang dingin. Oleh karena itu, Anda dapat menginstal dan mengaktifkan pendingin udara untuk menjaga suhu dalam kamar tetap sejuk. Hal ini akan membuat tokek merasa tidak nyaman dan akhirnya meninggalkan kamar tersebut.

14. Lampu Ultrasonik

Lampu ultrasonik dapat digunakan untuk mengusir tokek, menghasilkan suara ultrasonik yang tidak terdengar oleh manusia, tetapi dapat mengganggu tokek, cukup menyalakan lampu ini di ruangan yang sering dihuni oleh tokek, dan suara ultrasonik akan membuat mereka pergi.

15. Perangkap Tokek

Perangkap tokek biasanya berbentuk kotak yang dapat Anda letakkan di tempat-tempat yang sering dihuni oleh tokek. Ketika tokek masuk ke dalam perangkap, mereka tidak dapat keluar dan Anda dapat memindahkan mereka ke luar rumah dengan aman.

Baca juga: 9 Cara Mengusir Agas dari Rumah secara Efektif

Tips Tambahan

Selain menggunakan metode alami dan produk-produk pengusir tokek, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda mengusir tokek dengan lebih efektif:

  • Pastikan rumah selalu dalam keadaan bersih dan rapi. Tokek biasanya datang mencari makanan dan tempat persembunyian. Dengan menjaga kebersihan, dapat mengurangi daya tarik bagi tokek.
  • Periksa rumah untuk memastikan tidak ada retakan atau lubang yang dapat digunakan oleh tokek untuk masuk ke dalam rumah. Perbaiki lubang-lubang ini untuk mencegah masuknya tokek.
  • Tokek umumnya aktif di malam hari. Menyala lampu di area-area yang sering dihuni oleh tokek dapat membuat mereka merasa tidak nyaman dan pergi.
  • Tokek menyukai lingkungan yang lembab. Dengan mengurangi kelembaban di dalam rumah, Anda dapat membuat rumah menjadi kurang menarik bagi tokek.
  • Pastikan taman dalam keadaan bersih. Tanaman yang tumbuh lebat dan bersemak bisa menjadi tempat persembunyian yang ideal bagi tokek.

Penting untuk selalu menjaga kebersihan di sekitar rumah dan menggunakan cara-cara yang aman dan ramah lingkungan untuk mengusir tokek. Dengan demikian, Anda dapat menjaga rumah tetap nyaman dan bebas dari gangguan tokek yang tidak diinginkan. Semoga tips ini bermanfaat ya.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.