Manfaat Teh Barley
Gaya Hidup

10 Manfaat Teh Barley untuk Kesehatan

Manfaat Teh Barley – Teh barley, juga dikenal sebagai teh jelai, boricha, mugicha, atau damai cha, terbuat dari biji tanaman barley (Hordeum vulgare). Biji ini dipanggang hingga warnanya kecokelatan sebelum diseduh menggunakan air panas.

Rasa teh barley memiliki sentuhan pahit yang khas, sering dianggap mirip dengan rasa kacang. Tapi, jangan biarkan rasa itu menipu kita, karena di baliknya tersimpan beragam nutrisi yang luar biasa. Teh barley dapat diminum begitu saja atau dicampur dengan lemon, madu, atau gula untuk menambahkan variasi rasa.

Manfaat Teh Barley untuk Kesehatan

Manfaat Teh Barley
Sumber Gambar: ohhowcivilized.com

Sejak zaman dahulu, Cina menggunakan teh barley sebagai pengobatan tradisional karena kandungan nutrisinya yang kaya. Mengandung serat, vitamin B, zat besi, zinc, dan mangan, teh ini menjadi sumber nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita. Berikut ragam manfaat teh barley untuk kesehatan:

1. Mencegah Kanker

Beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa teh barley kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Walaupun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, teh barley tetap menjadi pilihan bagi mereka yang peduli akan kesehatan jangka panjang.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan beta-glukan dalam teh ini telah terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), serta menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

3. Mencegah Kerusakan Sel-sel Tubuh

Teh barley kaya akan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Antioksidan quercetin dalam teh barley juga baik untuk kesehatan jantung dan otak.

4. Menyeimbangkan Bakteri Usus

Konsumsi teh barley dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri usus dengan mengurangi bakteri jahat seperti bacteroides.

5. Menurunkan Berat Badan

Serat larut dalam teh barley dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang, membantu dalam pengendalian nafsu makan dan mendukung penurunan berat badan.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Teh barley tanpa campuran dapat membantu mengurangi plak gigi dan tingkat bakteri jahat dalam air liur, memberikan perlindungan terhadap kerusakan gigi.

7. Menjaga Kesehatan Mulut

Konsumsi teh barley secara rutin dikaitkan dengan jumlah plak gigi yang lebih sedikit dan kemampuan membunuh bakteri jahat dalam air liur, yang dapat menjaga kesehatan mulut.

8. Mencegah Sembelit

Kandungan serat tidak larut dalam biji barley tinggi, jenis serat ini dapat meningkatkan volume tinja dan mempercepat pergerakan usus, membantu mencegah sembelit. Selain itu, serat larut dalam teh barley menyediakan makanan bagi bakteri baik di usus, menjaga kesehatan saluran cerna.

9. Rendah Kalori

Teh barley memiliki kadar kalori yang rendah, menjadikannya minuman yang cocok untuk mendukung program diet dengan memberikan rasa kenyang lebih lama.

10. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Hasil setudi menunjukan, teh barley mengandung hormon melatonin, yang dapat membantu mengatur siklus tidur dan membuat tidur lebih berkualitas.

Tetaplah bijak dalam mengonsumsinya, dan rasakan sendiri keajaiban Teh Barley dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan tubuh kita. Selamat menikmati secangkir kebaikan alami dalam setiap tegukan Teh Barley yang lezat!

Referensi

  1. Shoemaker, S. (Healthline. Barley Tea: Nutrition, Benefits, and Side Effects. Diakses pada Desember 2023.
  2. Healthline. Barley Tea: Nutrition, Benefits, and Side Effects. Diakses pada Desember 2023.
  3. Stuart, A., & Sreenivas, S. WebMD. Barley. Diakses pada Desember 2023.
  4. WebMD. Health Benefits of Barley Tea. Diakses pada Desember 2023.
  5. Healthshots. Start your day with a cup of barley tea to get these 14 health benefits. Diakses pada Desember 2023.
  6. Medical News Today. What are the benefits of barley water? Diakses pada Desember 2023.
  7. Deepika, & Maurya, P. K. (2022). Health benefits of quercetin in age-related diseases. Molecules27(8), 2498.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.