inovasi adalah
Marketing

Inovasi Adalah: Pengertian, Ciri, dan Manfaat

Inovasi adalah – Penting untuk memahami arti inovasi karena istilah ini sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Pada awalnya, konsep inovasi dalam konteks organisasi diperkenalkan oleh Schumpeter pada tahun 1934. Inovasi mencakup ide-ide baru yang didasarkan pada pengetahuan dan dapat memberikan manfaat bagi manusia.

Untuk menghasilkan inovasi yang baik, ilmu pengetahuan memainkan peran yang sangat penting. Tanpa pengetahuan yang memadai, mungkin tidak akan efektif atau bahkan tidak berlangsung lama. Karena inovasi berperan penting di berbagai bidang kehidupan, penting untuk memahami beberapa hal tentang konsep ini.

Pengertian Inovasi Menurut UU dan Pakarnya

Inovasi didefinisikan sebagai suatu yang baru dan belum dikenal secara luas. Seringkali, inovasi dikaitkan dengan anak muda karena generasi muda memiliki banyak energi dan ide-ide segar. Sebagai hasilnya, mereka seringkali menciptakan hal-hal baru yang unik.

Baca juga: Korupsi: Dampaknya Terhadap Ekonomi, Pemerintahan dan Hukum

Saat ini, generasi muda yang diidentifikasi sebagai generasi milenial sangat terkait dengan konsep inovasi. Beberapa pakar dan UU telah memberikan definisi mengenai inovasi, di antaranya adalah sebagai berikut:

UU Nomor 19 Tahun 2002

Merujuk pada kegiatan yang melibatkan riset, pengembangan, dan/atau rekayasa dengan tujuan menerapkan nilai dan konsep ilmiah yang baru secara praktis, atau menemukan cara baru untuk mengaplikasikan teknologi dan ilmu pengetahuan yang sudah ada ke dalam produk atau proses produksi.

Stephen Robbins

Ide segar yang diterapkan untuk memulai atau memperbaharui sebuah produk, proses, atau jasa.

Everett M. Roger

Merujuk pada ide, gagasan, produk, dan praktik baru yang dianggap dan diterima sebagai sesuatu yang baru oleh individu atau kelompok tertentu untuk diterapkan atau diadopsi.

Kuniyoshi Urabe

Tidak terjadi sekali waktu saja (one time phenomenon), tetapi merupakan proses yang berkelanjutan dan kumulatif yang melibatkan banyak keputusan organisasi dari penemuan ide hingga implementasi di pasar.

Van De Ven, Andrew

Merujuk pada pengembangan dan penerapan ide-ide baru oleh individu dalam jangka waktu tertentu melalui berbagai aktivitas transaksi yang terjadi dalam struktur organisasi yang spesifik.

Nurdin

Merujuk pada pengenalan atau implementasi praktik atau proses baru (baik itu produk atau layanan) atau pengadopsian pola yang baru dari organisasi lain.

Saud

Pilihan kreatif yang melibatkan penggunaan manusia dan sumber daya material baru atau cara yang unik untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Ciri-Ciri Inovasi

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri inovasi:

Melibatkan ide atau gagasan baru

Tidak hanya menciptakan produk atau layanan baru, tetapi juga mencakup ide-ide baru yang dapat memperbaiki atau meningkatkan produk atau layanan yang sudah ada.

Merupakan suatu proses

Melibatkan serangkaian langkah yang dilakukan secara bertahap dari awal hingga implementasi akhir.

Melibatkan kerja sama dan kolaborasi

Sering kali melibatkan tim atau kelompok yang terdiri dari individu dengan keterampilan dan pengetahuan yang berbeda-beda untuk memastikan keberhasilan inovasi.

Melibatkan risiko

Melibatkan risiko, baik dalam hal waktu, uang, maupun sumber daya lainnya. Namun, keberhasilan inovasi dapat memberikan keuntungan besar bagi organisasi yang melakukannya.

Memerlukan dukungan dari manajemen

Memerlukan dukungan dari manajemen dalam bentuk sumber daya, waktu, dan dana. Tanpa dukungan dari manajemen, inovasi sulit untuk berhasil.

Berfokus pada memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan

Harus memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan agar berhasil di pasar.

Meningkatkan efisiensi dan produktivitas

Dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam organisasi dengan memperkenalkan metode atau teknologi baru.

Memperkuat posisi pasar

Memberikan keuntungan kompetitif dan memperkuat posisi pasar organisasi di mata konsumen.

Manfaat Inovasi

Inovasi memiliki berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh berbagai pihak, baik individu, organisasi, maupun masyarakat secara umum. Berikut adalah beberapa manfaat inovasi yang dapat dijelaskan:

Meningkatkan kualitas hidup

Menciptakan produk atau layanan baru yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih terjangkau sehingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Contohnya, teknologi medis baru yang memungkinkan diagnosis yang lebih akurat dan pengobatan yang lebih baik, atau produk-produk makanan dan minuman yang lebih sehat dan bergizi.

Meningkatkan daya saing

Membantu organisasi untuk tetap kompetitif di pasar. Dengan menciptakan produk atau layanan baru atau meningkatkan proses produksi yang lebih efisien, organisasi dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Seiring dengan itu, inovasi juga dapat membantu organisasi mengembangkan citra merek yang positif dan membedakan diri dari pesaing.

Meningkatkan produktivitas

Meningkatkan produktivitas di berbagai sektor dan industri. Dengan memperkenalkan teknologi atau proses baru yang lebih efisien, organisasi dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam produksi. Selain itu, inovasi juga dapat membantu meningkatkan kinerja karyawan dan memperbaiki sistem manajemen dalam organisasi.

Mendorong pertumbuhan ekonomi

Menjadi faktor penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara atau wilayah. Dengan menciptakan produk atau layanan baru dan meningkatkan proses produksi, inovasi dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan perusahaan, dan memperluas pasar untuk produk dan jasa.

Meningkatkan kreativitas dan daya inovasi

Meningkatkan kreativitas dan daya inovasi seseorang atau organisasi. Dengan terus menciptakan produk atau layanan baru, memperbaiki proses produksi, atau mengadopsi teknologi baru, individu atau organisasi dapat terus berkembang dan memperkuat kemampuan mereka untuk berinovasi di masa depan.

Meningkatkan keberlanjutan

Meningkatkan keberlanjutan dengan menciptakan produk atau layanan yang lebih ramah lingkungan atau proses produksi yang lebih efisien secara energi dan mengurangi limbah. Hal ini dapat membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan dan menciptakan kehidupan yang lebih berkelanjutan bagi masyarakat.

Baca juga: Mengenal Internet of Everything (IoE)

Inovasi memiliki manfaat yang luas dan penting bagi berbagai pihak. Maka dari itu, pengembangan inovasi harus terus didorong dan didukung oleh berbagai pihak agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi masyarakat.

Tujuan Inovasi

Apa sih tujuan dari inovasi itu, berikut penjelasannya:

Meningkatkan Kualitas Produk atau Jasa

Tujuan utama inovasi adalah meningkatkan kualitas sesuatu, baik itu produk maupun jasa. Inovasi yang dilakukan dengan menghadirkan gagasan dan ide baru diharapkan dapat meningkatkan nilai dan kualitas dari produk atau jasa pelayanan tersebut secara signifikan.

Melebarkan Jaringan

Dengan inovasi yang diterapkan, diharapkan produk atau jasa dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, inovasi juga dapat memperluas bisnis sebuah usaha, seperti halnya dengan berkembangnya bisnis e-commerce saat ini. Dengan inovasi, jangkauan produk dapat semakin luas, karena masyarakat cenderung menyukai hal-hal yang baru.

Menciptakan Segmen Pasar Baru

Inovasi pada produk atau jasa dapat membuka peluang pasar baru. Ini memberikan kesempatan bagi hal-hal yang unik dan menarik, terutama yang belum pernah ada sebelumnya, untuk berkembang dan diterima di pasar.

Produk Terbarukan

Dengan adanya inovasi, produk yang sudah ada dapat digantikan dengan produk baru yang lebih baik. Terutama jika produk atau jasa yang lama tidak efektif atau tidak efisien, inovasi dapat diterapkan untuk membuat produk atau jasa tersebut menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Contoh Inovasi di Berbagai Bidang

Berikut adalah beberapa contoh di berbagai bidang:

Bidang Teknologi

Inovasi di bidang teknologi hadir untuk memberikan kemudahan bagi manusia dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Salah satu inovasi yang paling pesat berkembang di bidang teknologi adalah media sosial. Dahulu, media sosial memiliki keterbatasan dalam penggunaannya, namun kini perkembangannya sangat pesat.

Dengan adanya globalisasi dan penemuan-penemuan dari para ahli, media sosial hadir dengan fitur-fitur yang sangat memudahkan komunikasi antar sesama. Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, Youtube, dan media sosial lainnya adalah contohnya. Saat ini, setiap orang dapat berkomunikasi baik melalui audio maupun audio visual dengan orang lain dari tempat yang jauh secara langsung.

Bidang Pendidikan

Berperan penting dalam dunia pendidikan, seperti yang dapat dilihat dari pengenalan kurikulum antikorupsi di sekolah. Hal ini dilatarbelakangi oleh maraknya praktik korupsi di Indonesia. Dengan upaya edukasi melalui pembelajaran antikorupsi yang diselenggarakan secara massif di sekolah, diharapkan tingkat korupsi dapat menurun. Kurikulum baru tersebut merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bidang Kesehatan

Terjadi di bidang kesehatan yang memungkinkan banyak hal dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Ada banyak penemuan baru yang dapat memberikan manfaat tersebut. Salah satunya terlihat pada pandemi virus corona di mana dibuat aplikasi Peduli Lindungi yang bertujuan untuk mendeteksi perjalanan seseorang. Hal ini dilakukan agar ketika ada orang yang terindikasi covid, maka lokasinya dapat langsung diketahui dan diambil tindakan yang diperlukan.

Bidang Transportasi

Di bidang transportasi membuat alat transportasi semakin mudah ditemukan. Selain inovasi produk seperti mobil dan motor listrik yang ramah lingkungan karena tidak membutuhkan bensin, masih banyak ainnya. Pelayanan transportasi juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Dulu, masyarakat kesulitan untuk bepergian dengan cepat karena harus menunggu penumpang lain. Namun saat ini, sudah ada ojek online yang dapat dipesan secara pribadi. Bahkan, perkembangan ojek online sangat pesat, sampai merambah pada pemesanan grab car yang jauh lebih mudah dilakukan. Ojek online dan grab car ini menjadi contoh yang memberikan solusi bagi permasalahan transportasi yang dihadapi masyarakat. Tak heran jika masyarakat menyambutnya dengan antusiasme.

Bidang Desain

Inovasi dalam desain produk telah menghasilkan banyak produk unik dan fungsional, seperti meja lipat yang dapat disimpan dengan mudah, dan alat masak multifungsi.

Bidang Lingkungan

Inovasi dalam teknologi energi terbarukan seperti tenaga surya dan angin dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan mengatasi krisis energi.

Bidang Bisnis

Inovasi dalam model bisnis seperti model bisnis berbasis langganan dan platform online telah membawa perubahan besar dalam cara bisnis dilakukan.

Bidang Pangan

Inovasi dalam teknologi pertanian, seperti pertanian vertikal dan hidroponik, telah memberikan solusi bagi masalah ketersediaan makanan di daerah perkotaan yang padat.

Bidang Pelayanan Publik

Inovasi di bidang pelayanan publik membuat berbagai layanan publik semakin mudah dilakukan, terutama setelah adanya inovasi di berbagai bidang. Pelayanan yang dulu hanya bisa dilakukan secara manual, kini dapat dilakukan secara online.

Teknologi memberikan peluang bagi berbagai layanan publik untuk dilakukan dengan mudah. Berbagai pelayanan yang membutuhkan transaksi juga dapat dilakukan tanpa datang langsung ke kantor pelayanan publik. Hal ini mengubah pandangan masyarakat terhadap birokrasi yang selama ini dianggap sebagai momok yang menakutkan.

Bidang Sosial

Inovasi di bidang Crowdfunding adalah salah satu inovasi sosial yang memberikan layanan penggalangan dana secara langsung kepada masyarakat. Contohnya adalah ketika ada seseorang yang tergabung dalam organisasi amal, seperti organisasi penyelamatan kucing liar yang terlantar.

Membangun sebuah organisasi amal membutuhkan dana yang tidak sedikit, terlebih untuk memelihara banyak kucing liar. Oleh karena itu, organisasi tersebut dapat membuka donasi atau penggalangan dana melalui berbagai platform seperti Kitabisa.com, NUcare, dan platform digital lainnya, untuk mendapatkan dukungan dana dari para donatur di luar sana. Penggalangan dana yang dapat dilakukan secara online ini merupakan inovasi yang sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Kesimpulan

Inovasi adalah gagasan atau ide baru yang diterapkan dalam rangka memprakarsai atau memperbarui suatu produk, proses, atau jasa dengan tujuan meningkatkan nilai atau memberikan manfaat yang lebih baik, inovasi merupakan sebuah proses panjang dan kumulatif yang melibatkan banyak tahapan, mulai dari penemuan gagasan hingga implementasi di pasar.

Memiliki peran penting dalam pengembangan suatu produk atau proses, memungkinkan terciptanya nilai tambah bagi pelanggan atau pengguna, dan berpotensi memberikan manfaat positif bagi masyarakat secara lebih luas.

Referensi

  1. Chesbrough, H. W. (2003). Open Innovation: The New Imperative for Creating and Profiting from Technology. Harvard Business Press.
  2. Christensen, C. M. (1997). The Innovator’s Dilemma: When New Technologies Cause Great Firms to Fail. Harvard Business Review Press.
  3. Damanpour, F. (2014). Footnotes to research on management innovation. Journal of Management and Organization, 20(4), 431-438.
  4. Freeman, C. (1982). The Economics of Industrial Innovation. MIT Press.
  5. Tidd, J., Bessant, J., & Pavitt, K. (1997). Managing Innovation: Integrating Technological, Market, and Organizational Change. John Wiley & Sons.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.