Manfaat Buah Cempedak
Gaya Hidup

7 Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan

Manfaat Buah Cempedak – Sebagai buah tropis asli Indonesia, cempedak (Arthocarpus champeden) telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keanekaragaman kuliner dan kesehatan masyarakat. Pohonnya, yang dapat mencapai ketinggian 15-25 meter, memberikan buah yang mirip dengan nangka. Meskipun serupa dengan nangka dalam banyak aspek, cempedak memiliki karakteristik unik, seperti percabangan yang lebih lebat dan batang yang lebih lurus.

Kandungan Nutrisi Buah Cempedak

Manfaat Buah Cempedak
Sumber Gambar: Genpi.co

Cempedak, dengan rasa manis dan aroma yang menggoda, mengandung sejumlah nutrisi yang membuatnya menjadi tambahan kesehatan yang luar biasa. Setiap 100 gram buah cempedak mengandung energi sebanyak 165 kkal, 36,7 gram karbohidrat, 4,2 gram protein, dan hanya 0,1 gram lemak. Selain itu, terdapat kalsium sebanyak 33 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 1 miligram.

Keberagaman nutrisi dalam buah cempedak tidak berhenti di situ, kandungan vitamin A, B1, dan C menjadi puncak dari kesehatan yang terkandung di setiap serat daging buah ini. Vitamin A untuk kesehatan mata, B1 untuk menjaga sistem saraf, dan vitamin C sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Jadi, sudah terbayangkah betapa hebatnya cempedak ini?

Baca Juga: 12 Manfaat Buah Pinang Muda untuk Kesehatan

Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan

Manfaat Buah Cempedak
Sumber Gambar: Amir Achmad (WA KAGAMA Jambi)

Setelah mengenal kandungan nutrisinya, saatnya kita membahas manfaat ajaib yang dimiliki oleh buah cempedak. Siap-siaplah untuk kagum!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah memberikan dukungan besar bagi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C meningkatkan produksi dan fungsi sel-sel kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan menjaga tubuh tetap sehat. Terlebih lagi, keberadaan antioksidan dalam cempedak juga membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

2. Pengobatan Malaria

Hasil penelitian membuktikan bahwa senyawa seperti artoindonesianin dan heteriflavon C yang terdapat dalam kulit kayu dan buah cempedak dapat berperan dalam pencegahan dan pengobatan malaria. Kandungan ini dapat membantu menghilangkan parasit malaria secara signifikan. Penelitian ilmiah juga telah menunjukkan efektivitas cempedak dalam menurunkan kadar parasit malaria setelah mengonsumsi obat yang diolah dari cempedak.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat buah cempedak adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam cempedak berperan penting dalam menjaga penglihatan yang baik, melindungi mata dari radikal bebas, dan mencegah gangguan mata terkait penuaan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam cempedak dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kalium berperan dalam mengatur tekanan darah dan kontraksi otot jantung, mendukung fungsi jantung yang baik. Dengan mengonsumsi cempedak secara teratur, kita dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan kardiovaskular lainnya.

5. Sistem Pencernaan yang Sehat

Buah cempedak kaya akan serat, yang mendukung fungsi pencernaan yang optimal. Serat membantu mencegah sembelit, melancarkan pergerakan usus yang sehat, dan mendukung penyerapan nutrisi yang baik.

6. Melawan Risiko Stroke

Kombinasi tinggi serat, vitamin C, dan senyawa antioksidan dalam cempedak dapat membantu menjaga sirkulasi darah, mengontrol tekanan darah, dan mengurangi risiko stroke. Menjaga kesehatan tekanan darah dan mengurangi kemungkinan terjadinya stroke, terutama pada lansia.

7. Meredakan Gejala Tumor dan Menjaga Berat Badan

Bioflavonoid dalam buah cempedak dapat membantu meredakan gejala tumor. Selain itu, buah ini juga cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan karena kandungan proteinnya yang tinggi dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Cara Mengonsumsi Buah Cempedak

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan optimal dari buah cempedak, penting untuk mengonsumsinya dengan cara yang benar. Berikut adalah beberapa tips tentang cara mengonsumsi buah cempedak:

1. Segar atau Dikeringkan

Kita dapat menikmati cempedak segar atau dalam bentuk yang dikeringkan. Dalam bentuk segar, buah ini langsung atau tambahkan dalam campuran salad buah. Sebagai camilan yang sehat, cempedak yang dikeringkan juga bisa menjadi pilihan yang lezat.

2. Dalam Masakan

Buah cempedak juga dapat dimasak menjadi berbagai hidangan lezat. Mulai dari gorengan hingga hidangan berkuah, variasi pengolahan cempedak dapat menambahkan cita rasa yang unik pada masakan.

3. Dalam Olahan

Gunakan buah cempedak sebagai bahan dalam smoothie atau jus buah untuk memberikan sentuhan manis dan aroma unik pada minuman sehat Anda.

4. Sebagai Pengganti Daging

Kandungan protein dalam cempedak membuatnya cocok sebagai pengganti daging dalam hidangan vegetarian atau vegan. Olahlah cempedak menjadi hidangan yang menggugah selera untuk mendapatkan manfaat protein tanpa harus mengonsumsi daging.

Cempedak layak mendapatkan tempat istimewa dalam pola makan sehat. Mari kita rawat dan hargai keajaiban alami ini yang telah memberikan manfaat kesehatan luar biasa bagi kita selama bertahun-tahun. Jangan ragu untuk menjadikan buah cempedak sebagai bagian penting dari gaya hidup sehat kita!

Referensi

  1. Rosa, et al. (2022). Phytochemical, Antioxidant, and Antibacterial Screening of Artocarpus integer from Indonesia. GCISTEM Proceeding, 1, 181–185.
  2. Unair News. Ekstrak Kulit Batang Cempedak Tingkatkan Respon Imun Mencit yang Terinfeksi Parasit Plasmodium Berghei. Diakses pada 2023
  3. Suhartati, et al. (2021). The Anticancer, Antimalarial, and Antibacterial Activities of Moracalkon an Isolated from Artocarpus kemando Miq. Journal of Advanced Pharmacy Education & Research, doi: 10.7324/JAPS.2019.90116.
  4. The Food Hog. Cempedak Fruit- An Essential Guide to a Weird Exotic Fruit. Diakses pada 2023.
  5. Citroner, G. (2019). Science Finds Simple Way to Lower Diabetes, High Blood Pressure Risk: Fiber. Healthline. Diakses pada 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.